Program Kampung Sehat, Relawan Progresif Ganjar-Mahfud Luncurkan Baksos Air Bersih

Rabu, 24 Januari 2024 - 10:01 WIB
loading...
Program Kampung Sehat, Relawan Progresif Ganjar-Mahfud Luncurkan Baksos Air Bersih
Tak hanya fokus pada pengembangan UMKM, Relawan Progresif Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk bekerja sama menjaga lingkungan dengan menyoroti akses air bersih. Foto/Dok
A A A
WONOGIRI - Di tengah sulitnya mendapatkan akses air minum, Relawan Progresif Ganjar-Mahfud mengambil langkah konkret. Mereka menggelar Bakti Sosial (Baksos) Air Bersih di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah pada Minggu (21/1/2024).



Direktur Nasional Progresif, Dr Eka Sastra mengungkapkan, bahwa saat ini sekitar 26,35% rumah tangga di seluruh daerah Indonesia belum memiliki akses air minum layak , dan hanya 17% yang menikmati akses air aman.

"Kekeringan serius telah mengurangi pasokan air, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun pertanian. Kami di Relawan Progresif Ganjar-Mahfud ingin mengubahnya dengan aksi nyata," ujar Eka, Selasa (23/1/2024).



Dalam Baksos ini, Eka menjelaskan, relawan Progresif berfokus pada penyediaan air bersih bagi ratusan warga di Wonogiri yang mengalami kekeringan dalam waktu lama.

"Ini bukan hanya tentang membagikan air. Tapi juga memastikan bahwa setiap warga Indonesia memiliki akses ke air bersih dan sehat. Ini hal yang akan diperjuangkan oleh pasangan Ganjar-Mahfud apabila terpilih sebagai pemimpin negeri," tambah Eka.

Sekretaris Nasional Relawan Progresif, Titi Rusdi menambahkan, program ini dilakukan melalui program Kampung Sehat, yang bertujuan untuk menyediakan air minum aman, memastikan sanitasi yang baik, dan pengelolaan air limbah yang efektif di beberapa daerah bukan hanya di Wonogiri.

"Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab kami sebagai relawan Ganjar-Mahfud kepada masyarakat. Kami ingin memberikan contoh bahwa gotong-royong dan kerjasama komunitas dapat membawa perubahan nyata," jelas Titi.

Titi berharap, kedepannya tidak hanya terbatas pada penyediaan air bersih. Tetapi, Progresif bisa mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2371 seconds (0.1#10.140)