alexametrics

Smesco Indonesia Siap Melawan Gempuran Produk China

loading...
Smesco Indonesia Siap Melawan Gempuran Produk China
Gedung Smesco Indonesia. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Membanjirnya produk-produk asing di dalam negeri, terutama dari China, akibat perjanjian ACFTA, tentu tidak bagus bagi perekonomian nasional. Untuk melawan gempuran produk asing tersebut, diperlukan peningkatan produk dalam negeri yang berdaya saing, baik kualitas dan harga.

Ikhtiar ini menjadi fokus dari Smesco Indonesia. Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM), Emilia Suhaimi lantas menata Smesco Indonesia, terus menyediakan dan memasarkan produk-produk UMKM unggulan daerah.

"Jadi kita harus melawan produk asing, terutama produk China yang harganya murah, dengan memasok terus produk-produk kita yang berkualitas," ujar Emilia di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Penataan ulang ini bertajuk Produk Unggulan Provinsi yang di display di lantai 1 dan 2 Gedung Smesco. Sehingga para pembeli tidak perlu jauh-jauh saat ingin membeli produk khas dari berbagai provinsi di Indonesia, cukup datang dan membelinya di Gedung Smesco, kawasan Gatot Subroto, Jakarta.

Dengan penataan nan apik ini, Smesco Indonesia diharap menjadi area "one stop shopping" bagi konsumen lokal maupun internasional yang ingin membeli produk-produk UMKM Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Emilia mengajak mahasiswa Tazkia dan masyarakat untuk berbelanja ke Produk Unggulan Provinsi yang menyajikan produk unggulan UKM dari 34 provinsi di Indonesia. Produk ini memiliki karakter khas dan unggulan dari masing-masing daerah, yang berbasis kreaktivitas dan inovasi putra-putri bangsa.

Emilia menjelaskan upaya pembenahan yang dilakukan dengan merelaunching Produk Unggulan Provinsi sejak 31 Maret lalu, telah memberikan dampak signifikan pada peningkatan jumlah pengunjung maupun pembeli. Produk yang ada di Produk Unggulan Provinsi dijamin memiliki kualitas tinggi, karena harus terlebih dahulu melewati proses kurasi.

"Jadi kurang lebih sebulan setelah relaunching karena produk ini terkurasi, artinya terseleksi produk unggulan dan bagus, maupun harganya yang kompetiitif sehingga mendapat antusiasme pembeli," kata Emilia.

Sebagai citra baru, Smesco Indonesia akan menjadi referensi terbaik untuk mencari dan mendapatkan produk lokal produksi Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia. Smesco Indonesia akan menjadi wadah promosi produk lokal sekaligus wadah meningkatkan daya saing UMKM daerah.

Tidak hanya itu, demi menangkap kebutuhan konsumen juga tersedia function room untuk working space, makerspace, bagaimana membuat produk kemudian ada investor meeting point, dan panggung kreatif.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak