Bulog Pastikan Stok Beras untuk Ramadhan-Lebaran Aman

Kamis, 24 Mei 2018 - 17:01 WIB
Bulog Pastikan Stok Beras untuk Ramadhan-Lebaran Aman
Bulog Pastikan Stok Beras untuk Ramadhan-Lebaran Aman
A A A
JAKARTA - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan stok beras tetap aman selama periode Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1439. Stok beras yang dimiliki Bulog saat ini adalah sebesar 1,3 juta ton.

"Ini sudah cukup memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan sampai Lebaran nanti, bahkan prediksi kami ini lebih dari cukup. Masyarakat tidak perlu khawatir, kami pastikan stok aman," kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Karyawan Gunarso saat meninjau langsung Pergudangan Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kamis (24/5/2018).

Dia menegaskan, untuk memastikan keamanan stok Ramadhan dan lebaran, Bulog saat ini tercatat memiliki 1.600 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total kapasitas mencapai 4 juta ton. Tidak hanya di wilayah perkotaan dan pedesaan, keberadaan gudang-gudang Bulog juga menjangkau area-area perbatasan.

Untuk tahun 2018, Bulog memiliki target pengadaan 2,7 juta ton setara beras pada tahun 2018. Pengadaan Bulog dari dalam negeri hingga 23 Mei 2018 telah mencapai 800.000ton setara beras, sedangkan realisasi impor beras telah mencapai 633.000 ton. Adapun stok beras yang dimiliki Bulog adalah sebesar 1,3 juta ton (23 Mei 2018).

Selain mengemban peran menjaga ketersediaan stok, Bulog juga mengemban peran dalam menstabilkan harga. Untuk mendukung kelancaran tugas tersebut, Bulog telah menetapkan tiga strategi utama, yaitu pertama, menjamin ketersediaan beras di gudang-gudang yang dimiliki saat ini.

Kedua, dalam stabilisasi harga, Bulog melakukan penyebaran dan distribusi beras langsung ke konsumen baik di pemukiman-pemukinam konsumen atau ke lokasi konsumen yang terdekat yang dilakukan dengan memanfaatkan peritel binaan perusahaan.

"Yang menjadi penyalur utama adalah retailer-retailer atau pedagang-pedagang kami yang tersebar di 82 kabupaten/kota. Selain itu kami punya Rumah Pangan Kita (RPK) yang tercatat ada 40.000 RPK, ini sangat membantu kami dalam mencapai target ataupun sasaran dalam menstabilkan harga," ungkap Gunarso.

Gunarso menambahkan, selain beras, stok pangan pokok lainnya yang dimiliki Bulog antara lain gula pasir sebanyak 176.000 ton, daging kerbau 4.000 ton, jagung 245 ton, tepung terigu 789 ton, dan minyak goreng sebanyak 5,3 juta liter.

Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro mengapresiasi Perum Bulog yang memastikan bahwa stok beras tercukupi. "Demikian juga dengan kestabilan harga. Kami terus mendorong agar Bulog dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan dapat melayani kebutuhan masyarakat sampai ke pelosok," kata Wahyu.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4668 seconds (0.1#10.140)