Mengenal Fitur Fitness Age pada Teknologi Smartwatch

Rabu, 24 Januari 2024 - 13:14 WIB
loading...
Mengenal Fitur Fitness Age pada Teknologi Smartwatch
Fitur Fitness Age pada jam pintar. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Garmin memperkenalkan Fitness Age atau Usia Kebugaran yang akan membantu Anda meningkatkan kebugaran tubuh dengan saran olahraga yang dipersonalisasi.



Berbeda dengan usia tubuh Anda, Fitness Age adalah sebuah perkiraan mengenai seberapa fit atau bugar tubuh Anda dibandingkan dengan usia sebenarnya.

Fitness Age dapat lebih muda dari usia Anda sebenarnya, dan ini akan berdampak pada tubuh yang terasa lebih fit dan segar. Sebaliknya, Fitness Age juga bisa lebih tua dari usia Anda sebenarnya.

“Garmin menggunakan informasi, seperti: usia, indeks massa tubuh (BMI), data detak jantung saat istirahat, dan riwayat saat menjalani aktivitas berat untuk memberikan perkiraan Fitness Age. Setiap orang memiliki Fitness Age yang berbeda. Olahraga serta perubahan gaya hidup dapat mempengaruhi usia kebugaran Anda”, ujar Chandrawidhi Desideriani selaku Marketing Communication Manager Garmin Indonesia.

Buka Aplikasi Garmin Connect lalu pilih More (tanda titik tiga) dan pilih Health Stats dan temukan Fitness Age. Di layar akan tertera usia Anda yang sebenarnya, beserta dengan kisaran Usia Kebugaran (Fitness Age) serta usia yang dapat dicapai.

Kemudian dibawahnya disertakan juga rekomendasi untuk mengurangi usia kebugaran misalnya dengan menambah aktivitas berat mengurangi persentase lemak tubuh (body fat) dan melihat catatan resting heart rate (detak jantung ketika beristirahat).

Selain itu, statistik mengenai Fitness Age adalah interpretasi yang berhubungan dengan perkiraan VO2 Max Anda. Sebagai informasi, VO2 Max adalah angka tunggal yang mendeskripsikan kebugaran kardiorespirasi Anda.

Hal ini dihitung dengan membandingkan tingkat kebugaran VO2 Max Anda saat ini dengan angka normal dari orang-orang berusia berbeda dengan gender yang sama dengan Anda.

VO2 Max diperoleh dari melacak jumlah maksimal oksigen yang dapat digunakan oleh tubuh Anda dalam olahraga intens selama satu menit. Informasi ini penting untuk memahami kemampuan Anda dalam memberikan daya untuk aktivitas dengan menggunakan jalan energi aerobik Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)