alexametrics

Konsekuensi Kenaikan Suku Bunga Terhadap Ekonomi Indonesia

loading...
Konsekuensi Kenaikan Suku Bunga Terhadap Ekonomi Indonesia
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani tak menampik rencana kenaikan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7-day Reverse Repo Rate) akan berdampak pada terhambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dia pun siap menerima konsekuensi dari kebijakan yang diambil oleh bank sentral.

Dia mengatakan, pemerintah dan BI siap mengambil kebijakan apapun untuk menjaga ekonomi Indonesia. Jika kenaikan tingkat suku bunga acuan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia sedikit terkoreksi, hal tersebut memang menjadi konsekuensi yang harus ditanggung.

"Kami siap melakukan policy apa saja untuk menjaga ekonomi Indonesia. Kalau dalam jangka pendek harus melakukan adjustment dan konsekuensinya pertumbuhan ekonomi lebih rendah sedikit, itu konsekuensi yang harus diterima," katanya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (28/5/2018).



Kendati demikian, kata dia, pertumbuhan ekonomi tidak hanya berasal dari kebijakan makro seperti kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Pertumbuhan ekonomi justru banyak ditentukan oleh reformasi struktural yang dilakukan oleh pemerintah.

"Pertumbuhan ekonomi banyak sekali ditentukan oleh reformasi struktural. Karena kepercayaan investasi, dan ekspor yang sangat ditentukan oleh daya saing. Jadi saat ini, fokus kami dari sisi makro memang untuk stabilitas. Namun untuk mendorong pertumbuhan dengan mengerjakan reformasi struktural sehingga bisa mengurangi tekanan dari kebijakan makro yang sedang menghadapi guncangan dari luar. Ini namanya pembagian tugas," imbuh dia.

Menurutnya, jika BI telah memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak lebih dari 5,2% tahun ini, pemerintah juga telah mengalkulasikannya. "Namun kalau kita tetap akelarasi reformasi strukturalnya seperti BKPM, Mentan, Mendag dan yang lainnya. Maka mereka bisa mengompensasi apa yang dilakukan di sektor makro," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak