Jaga Stabilitas Harga, Kemendag Gelar Bazar Ramadhan

Kamis, 31 Mei 2018 - 12:55 WIB
Jaga Stabilitas Harga, Kemendag Gelar Bazar Ramadhan
Jaga Stabilitas Harga, Kemendag Gelar Bazar Ramadhan
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan Veri Anggriono, menegaskan pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat serta menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok (bapok), utamanya selama Ramadhan dan Lebaran 2018.

Salah satunya upayanya melalui penyelenggaraan Bazar Ramadhan yang berlangsung pada 30-31 Mei 2018 di lingkungan Kantor Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan, Bandung, Jawa Barat. Serta tanggal 4 Juni di Kementerian Perdagangan.

"Kegiatan Bazar Ramadhan bertujuan agar masyarakat yang membutuhkan bisa memperoleh akses lebih banyak untuk mendapatkan bapok dengan harga murah. Selain itu, sebagai salah satu sarana memperkenalkan Direktorat Metrologi kepada masyarakat karena Bazar Ramadhan kali ini merupakan yang pertama kali digelar di Direktorat Metrologi," ujar Veri dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Bazar Ramadhan Kemendag dilaksanakan atas kerja sama dengan para pelaku usaha yang menyediakan barang kebutuhan pokok, seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi, daging ayam, telur, serta produk olahan makanan dan minuman.

Selain itu, dengan peritel modern yang menyediakan paket barang kebutuhan pokok dan UKM binaan Kemendag. Barang-barang tersebut dijual dengan harga lebih rendah dari harga pasar.

Dirjen PKTN juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para pelaku usaha dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Bazar Ramadhan Kemendag, serta upaya-upaya stabilitas harga barang kebutuhan pokok dengan melaksanakan kebijakan yang ditetapkan pemerintah sehingga harga dapat terjaga.

"Dengan kerja sama dan niat yang baik, kegiatan ini diyakini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari saat Ramadhan dan Lebaran," pungkas Veri.

Bazar serupa sebelumnya telah dilaksanakan di kantor Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK) Cihanjuang, Bandung pada 28-29 Mei 2018 lalu. Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Ninuk Rahayuningrum menyampaikan, pada pelaksanaan bazar yang berlangsung selama dua hari di PPSDK berjalan sangat baik dan mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat.

"Total omzet penjualan selama dua hari mencapai lebih dari Rp300 juta dengan jumlah pengunjung hampir 2.000 orang yang merupakan warga sekitar kantor PPSDK," jelas Ninuk.

Selanjutnya, bazar akan diadakan di kantor pusat Kementerian Perdagangan, Jakarta pada 4-7 Juni 2018, dan di kantor Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Ciracas pada 6-7 Juni 2018.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6024 seconds (0.1#10.140)