Zikir Bulan Rajab 70 Kali, Arab, Latin dan Terjemahannya

Selasa, 30 Januari 2024 - 15:44 WIB
loading...
Zikir Bulan Rajab 70 Kali, Arab, Latin dan Terjemahannya
Zikir Bulan Rajab 70 Kali berikut ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah ra. Ilustrasi: Masyudi
A A A
Zikir bulan Rajab 70 kali berikut ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah ra . Zikir inijuga bisa diamalkanpada hari-hari biasa di luar Rajab.

وقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ رضي الله عنه : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ( وَاللَّهِ إِنِّي لاَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِي الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً ) رواه البخاري

Artinya: "Dan Abu Hurairah ra berkata :Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda "Demi Allah, sesungguhnya aku meminta ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali" (HR. Al-Bukhari ).

Berikut zikir Bulan Rajab 70 kali yang dimaksud:

رب اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ

Latin: Robbighfirlii Warhamnii Watub ‘Alayya.

Artinya: Ya Tuhanku, Sayangilah aku dan terimalah tobatku.



Zikir tersebut dianjurkan dibaca setelah salat magrib. Selain itu, ada juga bacaan zikir bulan rajab 70 kali lainnya:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Latin: Rabbighfirly watub 'alayya innaka antat tawwaburrakhiim.

Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan terimalah taubatku sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha menerima taubat lagi Maha Penyayang) sebanyak seratus kali.

Zikir tersebut terdapat dalam hadis sahih, namun tidak khusus di Bulan Rajab, sebagai berikut:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ إِنْ كُنَّا لَنَعُدُّ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَجْلِسِ الْوَاحِدِ مِائَةَ مَرَّةٍ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ


Dari Ibnu Umar, ia berkata; sungguh Kami telah menghitung ucapan Rasulullah shallla Allahu ‘alaihi wa sallam dalam satu majlis beliau “RABBIGHFIRLII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKAT TAWWAABUR RAHIIM” (Ya Tuhanku, ampunilah aku dan terimalah taubatku sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha menerima taubat lagi Maha Penyayang) sebanyak seratus kali. (HR. Ibnu Majah)



Rabbighfirlii warhamnii wa tub alayya adalah kalimat istigfar dan dan tobat, yang artinya: Tuhanku, ampunilah aku dan berikanlah rahmat kepadaku (sayangilah aku) dan terimalah tobatku.

Dengan demikian membaca kalimat tersebut dibolehkan. Boleh dibaca berapa saja: boleh 70, 80, 100 dan berapa saja. Boleh juga dibaca sehari-hari.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3568 seconds (0.1#10.140)