alexametrics

Cara Indofood Hadapi Pelemahan Rupiah

loading...
Cara Indofood Hadapi Pelemahan Rupiah
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) menyatakan, sudah melakukan persiapan guna menghadapi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) menyatakan, sudah melakukan persiapan guna menghadapi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Diketahui, nilai tukar mata uang Indonesia telah mengalami pelemahan sangat dalam pada beberapa pekan terakhir hingga sempat menyentuh level 14.100/USD.

Direktur Utama Indofood CBP Sukses Makmur Anthoni Salim mengatakan, pendapatan perusahaan tidak semuanya rupiah, ada juga dari USD, sehingga dapat menghadapi fluktuasi yang ada. "Kalau dilihat, dari (pendapatan) kami sudah seimbang antara rupiah dan dolar," ujarnya di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Sambung Anthoni menjelaskan, salah satu pendapatan berdenominasi USD yakni dari lini crude palm oil (CPO) yang mayoritas untuk diekspor. "Pendapatan CPO pakai dolar. Banyak pendapatan, salah satu dari inisiatif kami sendiri sudah siapkan (ekspor), berapa tahun ekpor kita kalahkan domestik," katanya.



Ia juga menambahkan, aturan lindung nilai atau hedging tidak dipakai oleh perusahaan karena masih dapat mengcover kebutuhan USD yang ada. "Memang BI mengeluarkan aturan hedging, yang mana setiap 3 bulan. Kebetulan kita tidak diperlukan hedging karena dianggap masih memiliki kemampuan mengembalikan dana asing 3 bulan ke depan," pungkasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak