alexametrics

Jamkrindo Catatkan Penjaminan KUR Capai Rp30 Triliun

loading...
Jamkrindo Catatkan Penjaminan KUR Capai Rp30 Triliun
Perum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) mencatatkan realisasi penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sekitar Rp30 triliun sepanjang Januari-April 2018. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Perum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) mencatatkan realisasi penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sekitar Rp30 triliun sepanjang Januari-April 2018. Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto menerangkan, penjaminan KUR disyaratkan untuk sektor-sektor produktif.

Namun, Jamkrindo tidak hanya fokus pada penjaminan KUR yang menjadi program pemerintah melainkan juga ke bisnis komersial lainnya."Bisa juga kami masuk sektor konstruksi tapi memang fokusnya hanya di UMKM dan koperasi," terang Randi Anto di Jakarta.

Ia juga menegaskan, Jamkrindo akan terus menjembatani UMKM dan Koperasi (UMKMK) untuk memperoleh kemudahan dalam mengakses sumber permodalan melalui skema penjaminan. Karena hingga saat ini ini masih banyak UMKMK yang belum bankable, namun usahanya layak untuk dibiayai lembaga keuangan.

Selain itu, Perseroan juga siap mengembangkan berbagai produk penjaminan bagi perkembangan UMKM di Indonesia. Di antaranya dengan masuk ke bisnis penjaminan peer to peer (P2P) lending untuk menjadi perusahaan penjaminan terdepan yang mendukung perkembangan perekonomian nasional.

Selama tahun 2017, Perum Jamkrindo berhasil mencatatkan laba sebesar Rp1,02 triliun meningkat dari tahun sebelumnya Rp941,4 miliar. Demikian juga aset perusahaan tumbuh dari Rp13,4  triliun pada 2016 menjadi Rp14,6 triliun pada 2017.

Sebagai bentuk kepedulian Perum Jamkrindo kepada masyarakat yang membutuhkan saat Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1438H, Perum Jamkrindo menyelenggarakan serangkaian kegiatan sosial berupa pembagian sembako gratis dan santunan kepada yatim piatu.Kegiatan Pembagian Sembako dan Santunan Yatim Piatu bagian dari rangkaian kegiatan sosial untuk memeriahkan hari jadi perusahaan yang ke-48 Tahun yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2018.

Pembagian santunan ini dilakukan saat acara buka puasa bersama di Kantor Perum Jamkrindo pada Kamis, 31 Mei 2018. Acara ini dihadiri seluruh Direksi Perum Jamkrindo, Dewan Pengawas, Pejabat Perum Jamkrindo, Karyawan, Pensiunan dan  mantan pejabat Perum Jamkrindo.

Randi Anto, mengatakan pembagian sembako gratis dan santunan bagi anak yatim piatu akan dilakukan serempak di seluruh Kantor unit kerja seluruh Indonesia dan dilakukan bersama-sama dengan acara safari ramadhan yang dilakukan jajaran direksi di beberapa kantor Cabang Perum Jamkrindo.

Total ada 4.800 paket sembako gratis yang dibagikan dan 3.470  anak disantuni. Dengan rincian di kantor pusat, dibagikan 500 sembako, sedangkan sisanya tersebar di Semarang, Banjarmasin, Mataram, Bandung, Sorong, Malang, medan, jambi dan pontianak.  “Kegiatan ini merupakan bukti bahwa keberadaan Perum Jamkrindo, sebagai salah satu BUMN, dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di sekitarnya,”ujar dia.

Selain memberikan santunan yatim piatu dan pemberian paket sembako gratis, Perum Jamkrindo juga melakukan berbagai rangkaian kegiatan Sosial lainnya untuk memeriahkan hari jadi perusahaan yang ke-48 Tahun seperti Pemberian Operasi Katarak Gratis di Sumedang, donor darah, dan Jamkrindo peduli pendidikan yang berupa pemberian paket perlengkapan pendidikan untuk Sekolah Dasar yang akan dibagikan serentak di seluruh Indonesia pada 26 Juni 2018.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak