IMF Ramal Ekonomi Israel Makin Hancur Tahun Ini Akibat Perang

Rabu, 31 Januari 2024 - 12:18 WIB
loading...
IMF Ramal Ekonomi Israel Makin Hancur Tahun Ini Akibat Perang
IMF memproyeksikan ekonomi Israel akan semakin hancur apabila terus melancarkan serangan di Gaza. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Israel akan melambat signifikan tahun ini seiring berlarut-larutnya perang melawan Hamas di Gaza.

Menurut Kepala Ekonom Pierre-Olivier Gourinchas, Produk Domestik Bruto (PDB) akan jauh lebih rendah dari perkiraan IMF sebelum perang sebesar 3%.

"Kita akan berada jauh di bawah itu," ungkapnya dalam sebuah konferensi pers dengan para wartawan, dikutip BNN Bloomberg, Rabu (31/1/2024). "IMF belum mempublikasikan angka yang spesifik."



Perang yang dimulai sejak 7 Oktober 2023 ketika militan Hamas merangsek masuk ke wilayah selatan Israel masih terus berkecamuk. Para pejabat Israel mengatakan bahwa mereka masih membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mencapai tujuan mereka, bahkan mungkin membutuhkan waktu sepanjang tahun ini.

Proyeksi pertumbuhan Bank of Israel pada 2024 adalah 2%, sementara estimasi kementerian keuangan lebih rendah, yaitu 1,6%. Sudah ada banyak tanda-tanda bahwa ekonomi senilai USD520 miliar semakin terpukul.



Kementerian Keuangan Israel mengatakan bahwa PDB mungkin mengalami kontraksi sekitar 20% dari kuartal ke kuartal antara bulan Oktober dan Desember.

Aktivitas di banyak sektor konsumen telah merosot sementara bisnis-bisnis berjuang dengan kekurangan tenaga kerja ratusan ribu orang dipanggil sebagai tentara cadangan, meskipun sebagian besar telah dibebaskan. Defisit fiskal diperkirakan akan melonjak menjadi 6,6% dari PDB tahun ini.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)