Antispasi Kebutuhan BBM, Pertamina Siapkan 3.400 SPBU

Selasa, 05 Juni 2018 - 06:05 WIB
Antispasi Kebutuhan BBM, Pertamina Siapkan 3.400 SPBU
Antispasi Kebutuhan BBM, Pertamina Siapkan 3.400 SPBU
A A A
PURWAKARTA - Sebanyak 3.400 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dipersiapkan di wilayah Jawa, Madura dan Bali, untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM saat arus mudik Lebaran 2018. Lokasi semua SPBU itu pun dapat diketahui pemudik melalui aplikasi Waze. Sehingga pemudik dapat mengantisipasi lebih awal dalam hal pengisian BBM.

Direktur Pemasaran PT Pertamina Mas’ud Hamid mengungkapkan, dari 3.400 SPBU yang dipersiapkan itu, terdapat 1.500 titik untuk pengisian premium. Bahkan, pengisian premium akan ditambah sebanyak 571 titik lagi sebelum 7 Juni 2018.

"Sebelum tanggal itu, semua SPBU kita sudah siap," ungkap Mas’ud saat melaksanakan pemantauan kesiapan arus mudik Lebaran bersama Komisi VII DPR di Rest Area Km 102 Tol Cipali, Senin (4/6/2018).

Dia juga menyebutkan, tidak hanya SPBU yang dipersiapkan. Untuk motoris pun telah siap siaga dengan jumlah sebanyak 280. Rinciannya, 200 di Jawa Tengah, 40 di Jakarta untuk mengkover Merak, Cikampek, Cipali, Jakarta dan Sukabumi; 20 motoris lagi di Lampung dan sisanya tersebar di sejumlah daerah lain.

"Kami juga sudah bekerja sama dengan pihak perbankan agar dalam transaksi BBM ini tidak secara tunai, melainkan nontunai. Beberapa BUMN sudah bekerja sama, di antaranya BNI, BRI, Mandiri, serta Telkomsel," jelas dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR, Herman Khaeron mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam penanganan arus mudik dan balik Lebaran 2018. Dalam pola pendistribusian BBM secara mobile diharapkan dapat mengatasi setiap persoalan yang terjadi di lapangan.

"Misalnya dengan BBM kemasan, walaupun belum ada regulasi yang mengaturnya, tapi kami memberikan dispensasi untuk pendistribusiannya. Hal ini pun menjadi pertimbangan bagi para regulator ke depannya dalam memberikan regulasi untuk semua jenis pendistribusian BBM, contoh lainnya adalah Petamina Soft," kata Khaeron.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9973 seconds (0.1#10.140)