alexametrics

Suku Bunga Naik, Pengusaha Akan Naikan Harga Barang?

loading...
Suku Bunga Naik, Pengusaha Akan Naikan Harga Barang?
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pengusaha yang tergabung di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sudah melakukan antisipasi ketika suku bunga Bank Indonesia (BI) atau BI 7-Day Reverse Repo Rate akan kembali naik.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani menyampaikan, suku bunga BI naik ini tidak lepas dari kondisi perekonomian di dalam dan luar negeri. Namun yang jelas, kata dia, kenaikan itu akan memberatkan pengusaha dari sisi biaya produksi, sehingga berpotensi naiknya harga barang.

"Dari The Fed akan naik dua atau tiga kali lagi. Kita sudah antisipasi, kita rencanakan cost of fund naik, biaya produksi naik, ini oke selama stabilitas (rupiah) terjaga," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Sementara, Rosan menjelaskan, pengaruh kenaikan suku bunga BI yang dilakukan secara konsisten tersebut sudah tidak membuat pengusaha kaget.

"Tidak pengaruh ke dunia usaha, kita apresiasi BI. Kita di dunia usaha sudah antisipasi suku bunga akan naik dan kita prediksi ini pasti akan naik lagi ke depannya, saya bicara apa adanya," katanya.

Menurut Rosan, selama nilai tukar rupiah tidak naik turun secara drastis itu hal baik, supaya pengusaha bisa merencanakan, serta melakukan antisipasi dalam menyusun anggaran.

"Kita cari solusi untuk itu dan memang kebijakan sangat penting. Bagaimana harmonisasi kebijakan pusat dan daerah yang belum selaras," pungkasnya.
(ven)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak