PPM PetroChina Jabung Dukung Produktivitas Sektor Pertanian

Kamis, 01 Februari 2024 - 10:17 WIB
loading...
PPM PetroChina Jabung Dukung Produktivitas Sektor Pertanian
Bantuan traktor tangan dari PetroChina International Jabung Ltd diyakini akan ikut mendukung produktivitas pertanian di wilayah Jambi. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Program Pengembangan Masyarakat (PPM) PT PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) di sektor pertanian diyakini akan meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Hal ini juga menjadi kontribusi PCJL bagi pembangunan daerah.

Dukungan bagi sektor pertanian di wilayah Jambi tersebut direalisasikan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd melalui bantuan PPM berupa enam unit traktor roda dua rotary senilai Rp293,7 juta untuk kelompok tani di Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.



Ketua Kelompok Tani Karya Makmur II Desa Suka Maju, Kecamatan Geragai, Imam mengungkapkan apresiasinya atas bantuan yang diberikan kepada kelompok tani ini. Kelompok Tani Karya Makmur II sebelumnya sudah menggunakan traktor dalam mengolah lahan pertanian, namun belum memiliki traktor rotary.

"Jadi dengan adanya bantuan traktor rotary roda dua ini, kerja kelompok taninya bisa lancar dan diharapkan ke depannya hasil pertanian bisa meningkat," tuturnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/2/2024).

Adapun kelompok tani penerima bantuan ialah Kelompok Tani Mekar Sari, Sejahtera, Karya Makmur II, Sumber Makmur dan Tunas Baru. Masing-masing kelompok tani mendapatkan 1 unit hand traktor. Sedangkan 1 unit lagi diserahkan untuk Balai Benih dalam rangka mendukung ketersediaan benih di Tanjung Jabung Timur.



Sekda Kabupaten Tanjabtim Sapril juga menyatakan apresiasinya. Menurut dia, dengan bantuan itu, PetroChina International Jabung Ltd telah ikut berpartisipasi dalam meningkatkan produktivitas petani di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Ini dapat membantu kebutuhan petani dalam rangka meningkatkan hasil pertanian, pendapatan dan kesejahteraan para petani, sehingga ke depannya hasil pertanian dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur bisa meningkat dan nantinya juga bisa memenuhi kebutuhan lokal," tegasnya.

Sementara itu, Government and Relation Superintendent Lasno mengatakan, di samping melakukan kegiatan utama berupa eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi, PetroChina juga giat melakukan kegiatan PPM, salah satunya di bidang Pertanian. Sektor pertanian, terutama tanaman pangan, dinilai penting karena vital bagi ketahanan pangan nasional.

"Pemerintah Indonesia terus berupaya agar bisa swasembada pangan, sehingga mempunyai kemandirian untuk mencukupi kebutuhan pangannya. Dengan intensifikasi pertanian, produktivitas akan semakin meningkat, dan kelompok tani juga akan lebih produktif," tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)