Bulog Diminta Beli Gula Petani di Harga Rp9.700 per Kg

Selasa, 05 Juni 2018 - 22:01 WIB
Bulog Diminta Beli Gula Petani di Harga Rp9.700 per Kg
Bulog Diminta Beli Gula Petani di Harga Rp9.700 per Kg
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita meminta Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) untuk segera merealisasikan penugasan dari pemerintah mengenai penyerapan gula petani. Bulog diminta pemerintah untuk membeli gula petani dengan harga Rp9.700 per kilogram (kg).

Dia mengatakan, pemerintah memang menugaskan Bulog untuk membeli gula dari petani. Namun, banyak petani yang enggan menjualnya ke Bulog karena terkena pajak penghasilan (PPh).

"Jadi meminta segera untuk direalisasikan penugasan Bulog untuk membeli gula petani Rp9.700 per kg. Namun petani meminta untuk tidak dikenakan pajak PPh-nya," katanya di Gedung Kemendag, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Dia mengaku telah berbicara dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati ikhwal hal tersebut. Menurut dia, Menkeu pun berjanji untuk tidak mengenakan PPh terhadap petani yang menjual gula ke Bulog.

"Tahun lalu sudah dijanjikan oleh menteri keuangan dan dia meminta kembali dan itu tidak dikenakan. Saya sudah laporkan di rakor Menko dan saya sudah menyiapkan dan mengirim surat ke BUMN untuk Bulog segera membeli," tutur Enggar.

Selain meminta Bulog, politisi Partai Nasdem ini juga meminta para pedagang atau distributor gula untuk turut serta menyerap gula dari petani. Dia pun meminta mereka untuk membeli gula dari petani dengan harga Rp9.700 per kg.

"Untuk para pedagang distributor gula, belilah gula dari petani Rp9.700 per kg. Kan HET-nya Rp12.500 kan cukup marginnya," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1264 seconds (0.1#10.140)