Lulusan Sastra Inggris Bisa Kerja Apa? Ini Peluang Kerjanya yang Luas Versi Unair

Kamis, 01 Februari 2024 - 10:53 WIB
loading...
Lulusan Sastra Inggris Bisa Kerja Apa? Ini Peluang Kerjanya yang Luas Versi Unair
Kamu yang menyukai bidang bahasa bisa memilih Jurusan Sastra di perguruan tinggi salah satunya Jurusan Sastra Inggris. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Ini deretan prospek kerja jurusan Sastra Inggris yang perlu diketahui calon mahasiswa. Tertarik mempelajari Bahasa Inggris? Melanjutkan studi ke Jurusan Sastra Inggris bisa menjadi pilihan tepat.

Memang selalu ada pertanyaan di kemudian hari, lulusan Sastra Inggris bisa menjadi apa? Jangan khawatir, dihimpun dari berbagai sumber, lulusan Sastra Inggris ternyata memiliki lini pekerjaan yang luas. Untuk membahas hal itu, artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris


Salah satu prospek kerja lulusan Sastra Inggris adalah magang di Kedutaan Besar. Perguruan Tinggi Negeri yang melakukan hal ini adalah Universitas Airlangga (Unair) yang memberikan kesempatan para mahasiswanya untuk dapat magang di Kedutaan Besar dan perusahaan nasional dan multinasional.

Berikut prospek kerja lulusan Sastra Inggris yang perlu diketahui calon mahasiswa:

1. Bisa bekerja di Kementerian Luar Negeri (Kemlu)

2. Bisa bekerja di bidang industri kreatif seperti, copywriting, social media specialist, dan content writer.

Pada tahun 2022 misalnya, Sastra Inggris Unair berhasil mengantongi akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) dan akreditasi Unggul secara nasional


Adanya Mata Kuliah Multidisipliner


Salah satu faktor untuk mendapatkan akreditasi internasional adalah kurikulum internasional. Salah satu yang menjadi penilaian yaitu harus adanya mata kuliah multidisipliner.

Mata kuliah yang diberikan oleh prodi Sastra Inggris Unair berfokus pada pengembangan mahasiswa. Harapannya, kelak mahasiswa Sastra Inggris Unair dapat direkrut oleh perusahaan multinasional dan nasional.

Menguitip laman resmi Unair, jurusan Sastra Inggris sangat membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mahasiswa dapat melakukan studi atau pertukaran pelajar di luar maupun dalam negeri.

Hal itu terbukti pada Sastra Inggris Unair kerap kali mengirimkan mahasiswa terbaiknya dalam program pertukaran pelajar. Salah satunya, pada tahun ini Sastra Inggris Unair berhasil mengirimkan lima mahasiswanya dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Kelima mahasiswa tersebut tersebar di benua Eropa dan Amerika. Tak hanya itu, Sastra Inggris Unair sendiri memiliki program joint class untuk mahasiswanya.

Sastra Inggris Unair telah memiliki jejaring yang luas dengan universitas ternama di beberapa negara. Hal ini dapat menjadi peluang untuk melakukan kolaborasi riset dan publikasi bersama.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)