alexametrics

Kemenhub Siapkan Kapal Cadangan untuk Pemudik

loading...
Kemenhub Siapkan Kapal Cadangan untuk Pemudik
Kemenhub siapkan kapal cadangan di Madura, Banjarmasin, Makassar dan Balikpapan untuk mengangkut pemudik. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Untuk mendukung lancarnya arus mudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan kapal cadangan khusus di daerah Madura, Banjarmasin, Makassar dan Balikpapan. Kapal cadangan ini akan digunakan apabila kapal yang ada untuk mengangkut pemudik kurang.

"Bagi yang ada di Madura, Banjarmasin, Makassar dan Balikpapan lakukan mudik dengan baik karena kami mempersiapkan kapal-kapal cadangan apabila kapal yang ada itu kurang. Saya menugaskan khusus Dirjen Perhubungan Laut untuk bertugas disana," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat ditemui di Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Dia menyampaikan kepada para pemudik yang akan mudik ke Lampung bahwa Kemenhub sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengamankan, namun Menhub juga menghimbau agar para pemudik turun secara bersama-sama sehingga lebih aman.



Selain itu Menteri Perhubungan juga mengajak para pemudik yang akan menggunakan kapal untuk membeli tiket secara online. Karena lebih mudah dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Bagi mereka yang akan menggunakan ASDP di Pelabuhan Merak itu ada tiket online. Belilah tiket secara online, sehingga mereka tidak perlu mengantri dan langsung naik. Di sana akan disiapkan tempat jalur khusus sepeda motor dan jalur khusus naik mobil," tambah Menhub.

Kepada para pemudik yang akan menempuh rute darat, diinfokan bahwa jalur tol fungsional Brebes-Semarang akan dibuka mulai hari Jumat (8/6)mendatang mulai pukul 6 pagi.

"Yang juga perlu diimbau adalah yang mudik dari Jakarta ke Jawa Tengah. Memang jalan tol Jakarta-Surabaya sudah jadi. Tapi saya menganjurkan tidak harus menggunakan tol. Kemarin saya sudah cek bersama Menteri PUPR bersama Kapolda dan Kakorlantas, jalur tol fungsional sudah siap dan akan dibuka mulai hari Jumat pukul 6 pagi sudah bisa digunakan," tutup Menhub.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak