ILUNI UI Gandeng Kementerian Perdagangan Gelar Pasar Murah

Rabu, 06 Juni 2018 - 23:15 WIB
ILUNI UI Gandeng Kementerian Perdagangan Gelar Pasar Murah
ILUNI UI Gandeng Kementerian Perdagangan Gelar Pasar Murah
A A A
DEPOK - Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bersama Kementerian Perdagangan kembali menggelar Pasar Murah Ramadhan selama dua hari di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat.

Dalam acara ini, 2.000 ribu paket sembako, masing-masing senilai Rp114.000 dijual seharga Rp50.000. Sebanyak 1.000 paket sembako dijual kepada masyarakat kurang mampu yang tinggal di sekitar UI. Sisanya dijual kepada karyawan UI golongan I, II dan yang berstatus PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu).

"Seribu paket sembako yang harusnya dijual senilai Rp114.000 tapi dapat dibeli hanya seharga Rp50.000 oleh masyarakat sekitar UI," ujar Wakil Rektor UI bidang Sumber Daya Manusia dan Kerjasama Antar Lembaga Hamid Chalid, Rabu (6/6/2018).

Paket sembako tersebut berasal dari Kementerian Perdagangan yang bekerja sama dengan produsen minyak sawit Wilmar Group. Sementara Pengurus Pusat ILUNI UI menggandeng PT Indofood Sukses Makmur menyiapkan 1.000 paket serupa untuk dijual kepada karyawan UI golongan I dan II, termasuk karyawan harian lepas.

Ketua ILUNI UI, Arief Budhy Hardono, menjelaskan, pihaknya kembali menggelar pasar murah di bulan Ramadhan. Tujuannya untuk membahagiakan saudara-saudara pegawai UI golongan I dan II, pegawai yang masih berstatus honorer, pegawai lepas serta masyarakat kurang mampu yang tinggal di sekitar kampus UI. Setiap paket sembako yang dijual seharga Rp50.000, itu terdiri dari 5 kg beras, 2 kg gula, 2 liter minyak goreng dan 1 botol sirup.

"Hasil penjualan 1.000 paket ke masyarakat yang merupakan sumbangan Wilmar Group, yaitu Rp50 juta seluruhnya disumbangkan ke pondok pesantren dan panti asuhan," tegasnya.

Dana tersebut dapat digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi pembangunan masyarakat sekitar UI, sebagai bentuk kegiatan sosial ILUNI UI dan perusahaan yang bekerja sama dalam kegiatan pasar murah ini.

Arief Budhy menjelaskan, kegiatan ILUNI UI yang bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan dengan ikut terjun langsung ke lapangan ini, bukan bagi-bagi sembako.

"Kegiatan pasar murah ini juga digunakan jajaran Kementerian Perdagangan untuk memantau harga bahan pokok di daerah tempat pasar murah diadakan. Pasar Murah Ramadhan yang diselenggarakan di seluruh Indonesia, merupakan bagian dari serangkaian usaha menstabilkan harga bahan pokok selama bulan puasa," tegasnya.

Kementerian Perdagangan sendiri mendukung perusahaan swasta untuk ikut menggelar pasar murah, sebagai bagian program CSR yang diharapkan dapat langsung bersentuhan dengan masyarakat.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1187 seconds (0.1#10.140)