Jokowi: Akhir 2019, Semua Jalan Tol Harus Beroperasional

Jum'at, 08 Juni 2018 - 06:01 WIB
Jokowi: Akhir 2019, Semua Jalan Tol Harus Beroperasional
Jokowi: Akhir 2019, Semua Jalan Tol Harus Beroperasional
A A A
SEMARANG - Presiden Joko Widodo menyatakan, semua infrastruktur mulai disiapkan, termasuk beberapa ruas jalan tol untuk mudik Lebaran 2018. Meskipun jalan tol tersebut masih beroperasi secara fungsional.

Jokowi menyebut, jalan tol dari Jakarta sampai Pasuruan saat ini telah menyambung meskipun belum operasional. Dan ia berjanji, di akhir tahun ini, sudah dapat beroperasional.

"Akhir 2019, jalan tol di ujung bagian barat Merak hingga Banyuwangi harus beroperasional. Target ini saya berikan ke Menteri BUMN dan Menteri PUPR. Termasuk target pembenahan bandara di seluruh tanah air," papar Jokowi saat peresmian terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6/2018).

Menurutnya, terminal baru bandara Ahmad Yani merupakan suatu pembenahan dari gerbang langit di Jawa Tengah. Bandara ini awalnya merupakan pangkalan udara TNI dan terus berkembang menjadi bandara sipil domestik yang kemudian menjadi bandara internasional.

"Kita harus ingat bandara yang dulu kapasitasnya hanya 800 ribu orang per tahun, sekarang meloncat menjadi 6,5 juta orang per tahun. Selain itu, terdapat peningkatan pelayanan kargo dari 10 ribu ton per tahun menjadi 16 ribu ton per tahun. Artinya kesempatan pengiriman kargo ke luar negeri menjadi sangat terbuka," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, fasilitas-fasilitas baru yang dibuat akan lebih memanjakan, melayani, memberikan, dan kenyamanan kepada penumpang. Terlebih bangunan fisik dan pengelolaannya menggunakan konsep ramah lingkungan.

"Saya titip terakhir kepada pengelola dan para penumpang, khususnya masyarakat Jawa Tengah dan Semarang agar terminal baru bandara Ahmad Yani kita jaga bersama. Karena ini milik kita bersama dan untuk kepentingan kita bersama," pintanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6936 seconds (0.1#10.140)