Bank Indonesia Prediksi Inflasi Juni Berkisar 0,22%

Jum'at, 08 Juni 2018 - 21:12 WIB
Bank Indonesia Prediksi Inflasi Juni Berkisar 0,22%
Bank Indonesia Prediksi Inflasi Juni Berkisar 0,22%
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia memprediksi inflasi bulan Juni berada di kisaran 0,22%. Hal ini berdasarkan hasil survei pemantauan harga (SPH) bank sentral minggu pertama bulan Juni di beberapa kota Indonesia.

"Dari pemantauan harga sampai minggu pertama Juni, kita estimasi pada Juni terjadi inflasi 0,22% month to month (mtm)," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Gedung BI, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Adapun secara kumulatif, dari Januari hingga Juni tercatat 1,53% ytd (year to date). Sedangkan secara tahunan sebesar 2,75% yoy (year on year). Dia menjelaskan, kondisi ini didorong harga kelompok bahan pangan yang rendah. Hal tersebut terjadi pada komoditas cabai merah, cabai rawit, bawang putih, dan minyak goreng yang mengalami deflasi.

"Kondisi inflasi yang terkendali ini,karena adanya koordinasi yang baik antara BI dan pemeritah pusat serta daerah dalam menjaga ketersediaan bahan pangan," katanya.

Sedangkan, angkutan udara dan angkutan antar kota menjadi penyumbang inflasi terbesar. Hal ini, kata Perry, memang terjadi secara musiman menjelang Lebaran.

"Jelang Lebaran, secara musiman, angkutan udara dan angkutan antar kota menyumbang inflasi relatif tinggi," katanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8626 seconds (0.1#10.140)