alexametrics

Berhasil Gulirkan KCR, bank bjb Kembalikan Pinjaman Modal Rp50 Miliar

loading...
Berhasil Gulirkan KCR, bank bjb Kembalikan Pinjaman Modal Rp50 Miliar
Jajaran manajemen bank bjb, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Ketua OJK Jabar Sarwono usai simbolisasi pengembalian dana CSR di Gedung Sate. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A+ A-
BANDUNG - Bank bjb mengembalikan dana modal kredit cinta rakyat (KCR) milik Pemprov Jabar sebesar Rp50 miliar. Pengembalian itu sebagai tindak lanjut keberhasilan bank bjb menggulirkan kredit bunga rendah itu.

Senior Vice President Hakim Putratama mengatakan, mengacu pada kerja sama penempatan dana bergulir oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat di bank bjb berakhir, secara sistem dana tersebut telah kreditkan ke rekening kas daerah Provinsi Jawa Barat pada tanggal 11 April 2018, sebesar Rp50 miliar.

Pengembalian itu, kata dia, sebagai bukti keberhasilan program tersebut. Di mana, hingga Akhir Maret 2018, dana KCR telah tersalur sebesar Rp556,9 miliar. Dana ini termanfaatkan dengan baik oleh 16,403 pelaku UMKM di Jawa Barat. Dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 37 832 orang.

“Keberhasilan ini tak lepas dari kerjasama yang sangat baik antara Pemprov Jawa Barat, dewan legislatif dan bank bjb yang telah bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi terkait implementasi program. Merujuk pada besarnya manfaat program ini terhadap UMKM Jawa Barat diharapkan ke depan program ini tetap dapat berjalan,” kata dia usai simbolisasi penyerahan dana KCR di Gedung Sate, Jumat (8/6/2018).



Diketuai, penyaluran KCR dilaksanakan melalui 5 tahapan dengan total dana Rp385 miliar. Tahap I sebesar Rp165 miiliar telah dilakukan pengembalian oleh bank bjb kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Desember 2016. Tahap II sebesar Rp50 miliar  yang pengembaliannya.

Tahap III akan berakhir pada bulan Desember 2018 sebesar Rp20 miliar, tahap IV akan berakhir pada bulan September 2019, dan tahap V akan berakhir pada bulan November 2020 sebesar Rp50 miliar.

Dalam proses sosialisasi terkait produk KCR, bank bjb bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Provinsi serta Kabupaten Kota se-Jawa Barat, khususnya OPD yang menjadi penyelenggara program wirausaha baru. Selain itu menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi berbasis UMKM yang ada di Jawa Barat.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak