Pertamina EP Dukung Pelestarian Budaya di Sekitar Wilayah Operasi Migas

Jum'at, 02 Februari 2024 - 21:16 WIB
loading...
Pertamina EP Dukung Pelestarian Budaya di Sekitar Wilayah Operasi Migas
PEP mendukung pelestarian budaya dengan berikan bantuan peralatan kesenian sebagai sarana penunjang fasilitas kepada Padepokan Sima Maung di Kedung Jaya, Babelan, Bekasi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina EP (PEP) mendukung pelestarian budaya dengan berikan bantuan peralatan kesenian sebagai sarana penunjang fasilitas kepada Padepokan Sima Maung di Kedung Jaya, Babelan, Bekasi.

Sarana penunjang kesenian yang diberikan merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat Kampung seni Budaya Khas Betawi (Kang Bekasi) yang diinisiasi oleh PEP Tambun Field. Program ini bertujuan melestarikan kembali budaya lokal yang telah pudar karena perkembangan zaman.

"Program ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal dan budaya setempat di sekitar wilayah operasi. Melalui dukungan perlengkapan tersebut harapannya bisa menambah motivasi anak didik untuk bisa berkembang dan berkreasi lagi dalam pelestarian seni dan budaya khususnya budaya Betawi," tutur Head of Communication, Relation & CID Zona 7, Wazirul Luthfi, Jumat (2/2/2024).

Lihat Foto: Pertamina EP Donggi Matindok Field Dorong Perekonomian Kelompok Wanita Banggai

Program Kang Bekasi ini dimulai pada tahun 2021 yang bekerjasama dengan Padepokan Sima Maung telah membina 120 anak didik tanpa biaya. Seni budaya yang dilestarikan oleh Padepokan Sima Maung mencakup seni bela diri, palang pintu, tari tradisional dan ibing pencug.

"Bentuk Program Kang Bekasi ini berupa fasilitas peralatan pendukung kegiatan seni dan pendaftaran hak cipta beberapa karya seni yang telah dihasilkan," jelasnya.



Sementara, Ketua Padepokan Sima Maung mengapresiasi Pertamina EP Field Tambun atas kepedulian dan kontribusinya dalam pelestarian budaya Betawi. Selain untuk menumbuhkembangkan minat seni dan budaya daerah kepada anak dan remaja, program ini turut berkontribusi menjaga originalitas karya asli anak bangsa dengan mendaftarkan hak cipta sebanyak 20 karya cipta yang yang dibuat oleh Padepokan Sima Maung.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)