Ini Tiga Faktor Penyebab Rendahnya Inflasi Belakangan Ini

Jum'at, 15 Juni 2018 - 18:01 WIB
Ini Tiga Faktor Penyebab Rendahnya Inflasi Belakangan Ini
Ini Tiga Faktor Penyebab Rendahnya Inflasi Belakangan Ini
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) membeberkan beberapa faktor yang membuat inflasi cukup rendah dalam beberapa tahun terakhir. Tahun 2017 lalu, angka inflasi tercatat mampu terjaga di kisaran 3,5% plus minus 1% sesuai target, yakni sebesar 3,61%.

"Ada tiga faktor yang menyebabkan inflasi cukup rendah dan ini memang faktor yang bagus untuk kita kita," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta beberapa waktu lalu.

Faktor pertama, jelas dia, koordinasi yang erat antara pemerintah pusat dan daerah yang dianggap mampu menjaga stabilitas harga pada sejumlah komoditas. Hal itu tercermin dari kelompok makanan yang inflasinya terkendali dengan baik.

Kedua, pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat meski melambat juga dinilai memberi dampak positif terhadap laju inflasi. "Tingkatnya masih di bawah kapasitas terpasang kita Apresiasi untuk pemerintah pusat maupun daerah, juga untuk TPI pusat dan daerah," tuturnya.

Sedangkan faktor ketiga penyebab rendahnya inflasi adalah didorong oleh terjaganya target-target inflasi pada sasaran yang tepat. Di sisi lain, stabilitas harga yang mampu dijaga pemerintah menurutnya juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Inflasi yang rendah dan terkendali akan memberi dorongan untuk pertumbuhan ekonomi kita. Inflasi Mei yang 0,21% menunjukkan stabilitas harga-harga dan makroekonomi kita cukup baik," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4901 seconds (0.1#10.140)