alexametrics

Permintaan ART Infal Naik 50% di Momen Lebaran Tahun Ini

loading...
Permintaan ART Infal Naik 50% di Momen Lebaran Tahun Ini
Mudiknya Asisten Rumah Tangga (ART) saat momen Lebaran, dimanfaatkan oleh bisnis Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) untuk menyalurkan ART infal. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran biasanya selalu diikuti dengan rutinitas pulang kampung atau mudik. Tak terkecuali untuk masyarakat di daerah perkotaan yang bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART). Mereka memanfaatkan momen Lebaran untuk kembali ke kampung halamannnya.

Mudiknya para ART ini sudah tentu menjadi beban tersendiri untuk para majikan yang biasa mengandalkan beberapa pekerjaan rumah tangga kepada ART nya. Alhasil, momen ini tentu dimanfaatkan oleh bisnis Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) untuk menyalurkan ART infal alias ART temporer.

Pemilik LPK Tiara Kasih Bunda, Irena mengatakan pada tahun ini pihaknya kebanjiran permintaan ART infal. Setidaknya, sudah ada 250 konsumen yang memesan ART infal dari lembaganya, dan diperkirakan akan terus bertambah hingga H-1 Lebaran.

"Kalau sampai hari ini kita sudah sampai 250 waiting list ya. Diperkirakan nanti bisa sampai 300-an sampai H-1 Lebaran," katanya saat berbincang dengan SINDOnews di Jakarta belum lama ini.



Dia menyebutkan, permintaan ART infal untuk tahun ini naik sekitar 50% dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, permintaan ART infal mencapai 200 konsumen, dan tahun ini diperkirakan bisa di atas 300 konsumen.

"Sekitar 200-an juga sih. Waiting list itu biasanya sampai 300, tapi tahun ini diperkirakan bisa di atas 300 ya, karena sekarang saja sudah sekitar 269-an," imbuh dia.

Saat ini, tambah dia, telah ada 100 orang ART infal yang telah disalurkan. Menurutnya, permintaan ART infal tak hanya terjadi jelang Lebaran, namun bisa jauh hari sebelum Lebaran.

"Kita sudah menyalurkan, sampai hari ini kita sudah salurkan sekitar 100 pekerja. Karena kan infal itu bukan berarti mendekati Lebaran saja ya. Mungkin saja mba nya pulang sebulan sebelum Lebaran. Jadi kami sesuai keinginan customer aja, tandasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak