Investor Ketir-ketir, Saham Energi Hijau di India Melonjak 5.800%

Sabtu, 03 Februari 2024 - 11:23 WIB
loading...
Investor Ketir-ketir, Saham Energi Hijau di India Melonjak 5.800%
Turbin kincir angin yang menghasilkan tenaga listrik di desa Kalasar, negara bagian Gujarat, India barat. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Saham energi terbarukan di India melonjak drastis selama dua tahun terakhir karena pembeli ritel menumpuk, tetapi valuasi yang terlalu tinggi menunjukkan tanda-tanda peringatan. SG Mart Ltd, produsen energi surya dan angin yang berbasis di Gujarat, telah melonjak lebih dari 5.800% sejak November 2021 ketika Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan bahwa India bertujuan untuk meningkatkan energi bersih hingga lebih dari dua pertiga dari kapasitas keseluruhan. Gensol Engineering Ltd. telah naik lebih dari 3.200%, Zodiac Energy Ltd. 1.000% dan Waar.

"Orang-orang lebih mengikuti siklus hype daripada fundamental," ujar Rajeev Thakkar, kepala investasi di PPFAS Asset Management Pvt. Ltd. dikutip The Economic Times, Sabtu (3/2/2024). "Kami hanya mengamati pasar dan belum berinvestasi" di saham-saham itu," katanya, mengutip rasio imbal hasil yang buruk untuk beberapa perusahaan di sektor ini.



Harga saham yang meroket dari saham-saham kecil ini sekarang menghadapi pemeriksaan, karena lonjakan kapasitas produksi membebani harga dan pendapatan berjuang untuk mengimbangi laju kenaikan. Hal ini mengingatkan pada booming di AS, yang menaikkan valuasi sebelum jatuh membuat saham-saham GS US Renewables yang diuntungkan oleh transisi energi terbarukan turun 43% dari level tertingginya pada Februari 2021. Harga modul surya jatuh ke rekor terendah bulan ini memaksa produsen peralatan terkemuka China menerima kerugian.

"Anjloknya harga di seluruh rantai suplai tenaga surya di China dan Asia Tenggara akan menggagalkan ambisi onshoring di Eropa, India dan Amerika Serikat," tulis Lara Hayim dan Jenny Chase dari Bloomberg dalam sebuah catatan. "Instalasi meningkat, tetapi beberapa produsen akan menjual dengan kerugian tahun ini," kata mereka.

Valuasi Gila

Para pemegang saham terbesar di sektor energi terbarukan India kini menghadapi tantangan dari pendapatan yang sangat kecil akan tetapi valuasi saham-saham melonjak tinggi. Berdasarkan data Bloomberg, SG Mart melaporkan penjualan bersih sebesar 15,6 juta rupee atau USD190.000 dan laba bersih sebesar 2 juta rupee pada tahun fiskal terakhir, tetapi memiliki nilai pasar sebesar USD720 juta.



Para pendiri SG Mart telah menjual sebagian kepemilikan mereka di perusahaan ini kepada para investor ritel dan investor kaya di tengah-tengah terjadi lonjakan. Pola yang sama dapat dilihat di Gensol dan Waaree Renewable.
Waaree Renewable dan SG Mart kini memiliki nilai price-to-book masing-masing 99 kali lipat dari pendapatan 12 bulan sebelumnya dan 87 kali lipat jauh lebih tinggi daripada tiga kali lipat indeks Nifty 50.

Selama 12 bulan terakhir, para investor ritel, yang didefinisikan sebagai mereka yang memiliki investasi hingga 200.000 rupee meningkatkan kepemilikan mereka di sebagian besar saham-saham top gainers termasuk Waaree Renewable, Gensol, Taylormade Renewable, dan Zodiac Energy, menurut pengarsipan terbaru. "Saya rasa para investor tidak melakukan hal yang benar dengan mengejar narasi," ujar Amit Doshi, manajer portofolio di Care Portfolio Managers Pvt.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)