alexametrics

15 Wealth Management Terbesar di Dunia

loading...
15 Wealth Management Terbesar di Dunia
Markas besar UBS di Zurich Swiss. Foto/Reuters
A+ A-
NEW YORK - Industri wealth management pada 2017 lalu mencatat hasil yang solid. Sebanyak 25 pemain global meningkatkan assets under management (AUM) hampir 14%. Hal ini seiring bertambahnya kekayaan bersih sejumlah orang kaya di Asia Pasifik.

Wealth management adalah layanan pengelolaan keuangan dan kekayaan dalam bentuk beragam produk keuangan atau instrument keuangan. Jika Anda nasabah kelas kakap, Anda tidak perlu khawatir dalam memamah biak dana Anda. Karena bank penyedia jasa kelola keuangan akan menyediakan petugas khusus yang membantu dan mengarahkan pemilihan investasi sesuai profil Anda sebagai investor dan tujuan keuangan Anda. Layanan ini ditujukan bagi individu dan korporasi.

Melansir dari Business Insider, Juni 2018, UBS menduduki peringkat teratas dengan USD2,40 triliun AUM, lebih dari dua kali lipat dari saingan terdekatnya. Sementara, China Merchants Bank masuk 10 besar pada 2017. Ini merupakan bank China pertama yang berhasil menembus 10 besar.



Menurut riset GlobalData and Private Banker International, pertumbuhan di atas sejalan dengan meningkatnya minat orang kaya di Asia Pasifik terhadap layanan pengelolaan keuangan. Dan pertumbuhan wealth management di China sekitar 3,5%, lebih tinggi dari pertumbuhan wealth management di negara-negara lain. Berikut 15 wealth management terbesar di dunia:

15. The Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) - USD206 miliar setara Rp2.870 triliun (kurs Rp13.931 per USD).
Salah satu dari empat bank besar milik negara. ICBC merupakan salah satu bank terbesar di dunia dari sisi aset dan menempati peringkat 15 di dunia untuk AUM.

14. Wells Fargo - USD248 miliar
Bank yang berkantor pusat di San Francisco, Amerika Serikat ini, memiliki divisi wealth management terkemuka dan menjadi salah satu nama besar di perbankan Negeri Paman Sam.

13. Deutsche Bank Wealth Management - USD256,8 miliar
Bank terbesar ke-17 di dunia dari segi total aset. Wealth management menjadi salah satu dari tiga pilar bisnis bank asal Jerman ini.

12. HSBC Private Bank - USD258 miliar
HSBC Private Bank mengelola kekayaan sejumlah individu dan keluarga kaya di 43 negara dengan anak perusahaan tersebar di Inggris, Swiss, Luksemburg, Monako, dan Kepulauan Cayman. Pertumbuhan AUM mereka yang meningkat di 2017 menempatkannya naik dua peringkat.

11. Northern Trust - USD289,8 miliar
Dilaporkan lebih dari 20% keluarga super kaya di Amerika Serikat menjadi klien dari wealth management Northern Trust. Tidak seperti banyak pesaing lainnya, perusahaan ini mendedikasikan untuk melayani korporasi dan investor individu super kaya.

10. China Merchants Bank - USD292,8 miliar
Berkantor pusat di Guandong di pantai timur China, China Merchants Bank telah berkembang baik di dalam negeri maupun internasional. Pertumbuhan AUM-nya terus menguat seiring meningkatnya minat orang kaya di China atas layanan pengelola jasa keuangan.

9. Julius Baer - USD388,3 miliar
Merupakan bank tertua di Swiss dan berspesialisasi dalam industri wealth management.

8. Goldman Sachs - USD394,3 miliar
Bank investasi multinasional asal Amerika Serikat, memiliki divisi wealth management yang kuat dan reputasi sangat baik. Peringkatnya tidak berubah dari tahun lalu.

7. BNP Paribas Wealth Management - USD436,7 miliar
Bank asal Prancis ini merupakan bank terbesar di Uni Eropa dan menjadi bank terbesar kelima di dunia setelah krisis keuangan tahun 2008. Mereka memiliki divisi wealth management yang mengesankan yang membawanya menjadi peringkat 7 di dunia.

6. Citi Private Bank - USD460 miliar
Berfokus pada individu ultra kaya, anak perusahaan dari Citigroup ini mensyaratkan individu yang menjadi klien mereka harus memiliki kekayaan bersih minimal USD25 juta (Rp348 miliar). Pada Oktober 2017, Citi Private Bank dinobatkan menjadi private banking terbaik di dunia.

5. JP Morgan Private Bank - USD526 miliar
Perbankan terbesar kedua di Amerika Serikat, berisi klien wealth management yang dihormati di Negeri Paman Sam. Mereka memegang lebih dari setengah triliun dolar dalam aset yang dikelola.

4. Credit Suisse - USD792 miliar
Mendapat julukan "Bulge Bracket Investment Bank", istilah slang untuk menggambarkan bank investasi multionasional besar dan paling menguntungkan dengan klien lembaga besar, perusahaan, dan pemerintah.

3. Morgan Stanley Wealth Management - USD1,04 triliun
Dibuat pasca krisis keuangan 2008, dimana Citigroup membeli 51% saham Smith Barney dari Morgan Stanley. Lantas bank investasi Morgan Stanley menamai hasil merger ini dengan nama Morgan Stanley Wealth Management. Gabungan dua kekuatan besar ini membuat AUM mereka mencapai lebih USD1 triliun.

2. Bank of America Merrill Lynch - USD1,08 triliun
Divisi dari Bank of America yang berbasis di New York ini mempekerjakan lebih dari 15.000 profesional keuangan dan memiliki USD1,08 triliun dalam AUM.

1. Union Bank of Switzerland (UBS) - USD2,40 triliun atau setara Rp33.436 triliun!

UBS menjadi raksasa yang tidak terbantahkan di sektor ini. Bank asal Swiss ini mengelola banyak kekayaan individu terbesar di dunia. Dilaporkan sekitar setengah dari miliarder di dunia merupakan klien mereka.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak