alexametrics

Kemenhub Bakal Renovasi Lima Dermaga di Danau Toba

loading...
Kemenhub Bakal Renovasi Lima Dermaga di Danau Toba
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan, bakal meningkatkan kualitas dermaga di Danau Toba dengan melakukan renovasi infrastruktur. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan, bakal meningkatkan kualitas dermaga di Danau Toba dengan melakukan renovasi. Hal ini dalam upaya mencegah agar insiden kapal tenggelam Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba tidak terulang kembali.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan merenovasi lima dermaga di area Danau Toba. Kelima dermaga tersebut yakni Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras dan Muara.

"Akan dilakukan renovasi terhadap kualitas dermaga dan infrastruktur pada lima dermaga di danau toba yaitu di Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras, dan Muara. Tahun 2018 hingga 2019 masing-masing Rp75 miliar. Sedang dijajaki pengelolaan dermaga itu untuk selanjutnya akan diserahkan kepada pihak ASDP," ujar Menhub Budi Karya di Kemenhub, Jakarta, Rabu (20/6/2018).

Lebih lanjut Ia menerangkan, telah mengambil lima langkah dalam mencari dan penyelamatan korban KM Sinar Bangun di Danau Toba. "Kami sampaikan bahwa pemerintah berkomitmen untuk tanggap dalam insinden ini. Sekuat tenaga untuk mencari korban-korban yang hilang," sambungnya.



Selanjutnya, Ia menambahkan bakal mendorong reformasi berkaitan dengan peraturan yang berlaku. Serta ditambah melakukan investigasi terhadap pihak-pihak apabila ada suatu pelanggaran terhadap peraturan-peraturan yang ada.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menginstruksikan untuk meningkatkan keselamatan pelabuhan di Indonesia. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakan kapal laut seperti yang dialami Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018).

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa akan ada tiga fokus utama dalam meningkatkan keselamatan dalam pengggunaan kapal laut untuk moda transportasi. Salah satunya memperbaiki beberapa pelabuhan agar penanganan kapal yang berlabuh ataupun bersandar bisa aman.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak