5 Fakta Indonesia Juara AFC eAsian Cup, Kalahkan Jepang di Final dan Catatkan Sejarah

Rabu, 07 Februari 2024 - 12:55 WIB
loading...
5 Fakta Indonesia Juara AFC eAsian Cup, Kalahkan Jepang di Final dan Catatkan Sejarah
Tim Indonesia berhasil meraih juara di AFA eAsian Cup menyingkirkan Jepang di babak final. Foto: dok PSSI
A A A
JAKARTA - Ajang AFC eAsian Cup 2023 yang diselenggarakan di Qatar memunculkan eTimnas Indonesia sebagai juaranya setelah tumbangkan Jepang di babak Final.

AFC eAsian Cup sendiri merupakan turnamen esports resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pertama dalam sejarah Piala Asia. Turnamen ini direncanakan dan diadakan selama Piala Asia AFC Qatar 2023.

Menurut laman resmi Konami, Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) telah mengadakan turnamen kualifikasi dalam game eFootball pada 10 November 2023 untuk memilih peserta kompetisi.

Sistem kompetisi dalam AFC eAsian Cup 2023 serupa dengan kompetisi sepak bola, dimana peserta harus menghadapi sistem grup terlebih dahulu sebelum masuk ke sistem gugur.

Setiap laga baik di fase grup maupun di fase gugur juga diadakan sebanyak dua kali atau dua leg.

5 Fakta Indonesia Juara AFC eAsian Cup

1. Skuad eTimnas Indonesia

Timnas eFootball Indonesia diperkuat oleh Elga Cahya Putra, Rizky Faidan, dan Akbar Paudie. Mereka bertiga sukses menggilas lawan-lawannya di fase gugur hingga ke babak final AFC eAsian Cup Qatar 2023.

2. Perjalanan Menuju Juara

Tim Garuda mampu melaju dengan mulus di fase grup, dimana mereka mampu menaklukkan Vietnam dengan agregat 6-0. Setelah itu, timnas berhasil menekuk Jepang dengan agregat 6-3, membuat Indonesia keluar sebagai juara grup D.

Pada babak 16 besar, giliran Korea Selatan yang harus mengakui kehebatan Elga Cahya dan kawan kawan. Negeri Ginseng harus dipaksa pulang dengan agregat 2-0.

Selanjutnya, Indonesia mampu memetik kemenangan besar ketika bersua dengan Uni Emirat Arab di perempat final. UEA harus menyerah dengan agregat 12-0 dari tim Garuda.

Kemudian di semifinal, Indonesia harus berjumpa negara tetangga Thailand. Negeri Gajah Putih rupanya tak kuasa menahan serangan Merah Putih hingga kalah agregar 3-1.

3. Sempat Imbang di Leg Pertama dan Dilanjut Adu Penalti

Pada babak final yang diadakan pada 5 Februari 2024, eTimnas Indonesia harus bertemu lawan yang telah ditaklukkan di fase grup, yakni Jepang.

Pada babak pertama di leg pertama Indonesia mampu unggul 1-0, namun pada penghujung babak kedua Jepang berhasil menyamakan kedudukan sehingga pertandingan harus bergulir ke adu penalti.

Dalam adu penalti ini Indonesia akhirnya berhasil mengamankan satu kemenangan setelah menang 3-2. Laga kemudian dilanjutkan ke leg kedua.

4. Berhasil Kalahkan Jepang di Leg Kedua

Pada leg kedua, rupanya Indonesia mampu tuntaskan perlawanan Negeri Sakura dengan skor tipis 1-0 saja. Membuat tim Garuda berhasil menjuarai kompetisi yang diselenggarakan di Qatar tersebut.


5. Catatkan Sejarah

Suksesnya eTimnas Indonesia membawa gelar juara ini sekaligus mencatatkan sejarah manis. Dimana tim Indonesia tercatat sebagai juara pertama AFC eAsian Cup yang baru digelar pada tahun ini.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Indonesia yang berhasil meraih juara di ajang AFC eAsian Cup 2023 di Qatar. Kemenangan ini lantas banyak mendapat perhatian dari warganet disosialmedia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4081 seconds (0.1#10.140)