alexametrics

BI Undur Pengumuman BI-7 Day Repo Rate Gara-gara Pilkada

loading...
BI Undur Pengumuman BI-7 Day Repo Rate Gara-gara Pilkada
Bank Indonesia mengundurkan hari untuk penyelenggaraan Rapat Dewan Gubernur (RDG). Hal ini sehubungan dengan penyelenggaraan Hari Pemungutan Suara Pilkada. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia mengundurkan hari untuk penyelenggaraan Rapat Dewan Gubernur (RDG). Hal ini sehubungan dengan penyelenggaraan Hari Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tanggal 27 Juni 2018. Sebelumnya RDG akan dilakukan pada 27 sampai 28 Juni. Namun dikarenakan ada Pilkada maka diundur menjadi 28 sampai 29 Juni.

"Selanjutnya, terkait penyelenggaraan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan Bulan Juni 2018, Bank Indonesia memutuskan untuk melakukan penyesuaian waktu penyelenggaraan RDG dimaksud dari semula Rabu-Kamis, 27-28 Juni 2018 menjadi Kamis-Jumat, 28-29 Juni 2018," ujar Direktur Eksekutif Komunikasi BI Agusman dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Tidak hanya itu, Bank Indonesia melakukan pengaturan waktu kerja bagi pegawai yang melaksanakan kegiatan operasional terbatas untuk menggunakan hak pilihnya pada saat pemungutan suara. Seperti diketahui, RDG merupakan salah satu bentuk transparansi atas kebijakan Bank Indonesia kepada publik, khususnya dalam proses perumusan kebijakan moneter, Bank Indonesia mengumumkan jadwal Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan selama satu tahun ke depan.



Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sejak tahun 2017 penyelenggaraan RDG Bulanan dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Perubahan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas asesmen kondisi terkini makroekonomi, mikroekonomi, perkiraan ke depan, serta untuk memperkuat perumusan bauran kebijakan Bank Indonesia.

RDG Bulanan hari pertama dilaksanakan untuk memperdalam hasil asesmen sektor moneter termasuk materi ekonomi regional (perkembangan ekonomi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia), sektor stabilitas sistem keuangan, sektor sistem pembayaran, dan pengelolaan uang rupiah, serta mengintegrasikan opsi-opsi bauran kebijakan yang akan ditempuh Bank Indonesia. Selanjutnya, RDG Bulanan hari kedua dilaksanakan untuk menetapkan bauran kebijakan Bank Indonesia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak