alexametrics

Para Investor di Luar Angkasa

loading...
Para Investor di Luar Angkasa
Para Investor di Luar Angkasa. (Istimewa).
A+ A-
JIKA menyebut miliuner dan angkasa luar, setidaknya ada tiga nama yang terlintas di kepala; Elon Musk, Jeff Bezos, dan Richard Branson.

Namun, walau ketiganya memang memiliki beberapa perusahaan, ternyata ada 13 orang lain dari daftar 500 orang terkaya di dunia yang memiliki investasi di bidang luar angkasa, menurut data Bloomberg Billionaires Index dan firma konsultan Bryce Space & Technology.

Ya, sebagian besar memang berasal dari miliuner di bidang teknologi. Maklum, luar angkasa dan teknologi memang tidak terpisahkan. Tetapi, ada juga nama-nama seperti taipan kasino Sheldon Adelson dan taipan ritel Meksiko Ricardo Salinas.

Total kekayaan mereka jika dikombinasikan mencapai USD513 miliar dan memang industri luar angkasa butuh investasi dari orangorang “gila” seperti mereka. Tidak mainmain, biaya untuk keluar angkasa sangat mahal. Bezos, misalnya, mendanai perusahaan roketnya, Blue Origin, sebesar USD1 miliar per tahun.



Virgin Galactic milik Richard Branson juga telah menghabiskan USD600 juta demi mewujudkan mimpi untuk membawa penumpang pesawat komersial penerbangan ruang angkasa sub-orbital pada akhir 2018.

Sejak 10 tahun terakhir, perusahaanperusahaan perintis di bidang luar angkasa terus bermunculan. Pemicunya yang utama adalah Space Exploration Technologies Corp milik Elon Musk. Pada 2009, perusahaan itu membentuk ekosistem perusahaan-perusahaan luar angkasa agar proses peluncuran roket bisa lebih murah.

Kemudian, ada Space Angels. Jaringan investor luar angkasa mencatat, ada lebih dari 225 investor di bidang luar angkasa, meningkat dari hanya 33 pada 2009. Investasi di industri luar angkasa mencapai USD3,1 miliar pada 2016 dibandingkan USD409 juta pada 2011.

Angka tersebut diprediksi akan terus bertumbuh, menurut Maxime Puteaux, konsultan di Euroconsult. “Risikonya memang sangat tinggi, tapi tidak menghalangi investor mengucurkan dananya,” ujar Puteaux.

Saat ini industri luar angkasa pun semakin majemuk. Misalnya, muncul versi ridesharing atau transportasi online untuk perjalanan luar angkasa SpaceFlight yang diinisiasi Paul Allen. (Danang Arradian)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak