alexametrics

Tarik Dana Asing Kembali ke RI, BI Punya Ruang Kerek Suku Bunga

loading...
Tarik Dana Asing Kembali ke RI, BI Punya Ruang Kerek Suku Bunga
Bank Indonesia (BI) dinilai masih memiliki ruang untuk kembali menaikkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate, dalam upaya menstabilkan perekonomian. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) dinilai masih memiliki ruang untuk kembali menaikkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate. Hal ini dikarenakan untuk menstabilkan perekonomian. Ekonom Indef Bhima Yudhistira menilai bahwa BI lebih reponsif terhadap kenaikan Fed Rate. Hal ini tentu bakal memberikan keuntungan bagi perekonomian Indonesia.

"BI memang terkesan lebih responsif mengantisipasi kenaikan Fed rate dan penghentian quantitative easing ECB. Dengan respon BI yang lebih cepat menaikkan bunga acuan harapannya dana asing bisa kembali masuk ke Indonesia. Bunga acuan naik return instrumen keuangan domestik lebih menarik dan yield spread menyempit," ujar Bhima saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Dia pun menyebutkan idealnya bunga acuan naik lagi 25-50 bps atau skitar 4 kali kenaikan thun ini seiring Fed fun rate yang naik empat kali. "Paling penting juga adalah momentum kenaikan 7days repo rate sebaiknya mendahului knaikan Fed rate," jelasnya.

Saat ini, Bank Indonesia mengundurkan hari untuk penyelenggaraan Rapat Dewan Gubernur (RDG). Hal ini sehubungan dengan penyelenggaraan Hari Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tanggal 27 Juni 2018. Sebelumnya RDG akan dilakukan pada 27 sampai 28 Juni. Namun dikarenakan ada Pilkada maka diundur menjadi 28 sampai 29 Juni.
(akr)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak