alexametrics

10 BUMN Buka Program Magang Bersertifikasi

loading...
10 BUMN Buka Program Magang Bersertifikasi
Menteri BUMN Rini Soemarno. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
DEPOK - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengimbau mahasiswa vokasi Universifas Indonesia turut serta dalam program magang bersertifikat yang diadakan oleh 10 perusahaan BUMN.

"Tujuan program magang bersertifikat adalah menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing dan unggul," kata Rini dalam orasi ilmiah bertema Peran Serta BUMN dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Vokasi di Universitas Indonesia, Depok, Kamis (28/6/2018).

10 perusahaan BUMN yang berpartisipasi adalah Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Bank Mandiri (Persero) Tbk, Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk, Taspen (Persero), Perum Bulog, Waskita Karya (Persero) Tbk, Perum Perikanan Nusatara, Telkom Indonesia (Persero) Tbk, serta Perkebunan Nusantara III (Persero).



Menurut dia, program magang bersertifikasi akan dilakukan selama enam bulan. Apabila peserta magang bersertifikasi telah menyelesaikan program magangnya, maka berkesempatan menjadi pegawai BUMN melalui proses seleksi pada perusahaan BUMN masing-masing.

Pada kesempatan serupa, Direktur Pendidikan Vokasi UI Sigit Pranomo Hadiwardoyo menambahkan, program vokasi merupakan salah satu program yang menyiapkan peserta didik menjadi tenaga ahli dan profesional yang menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi maupun seni budaya sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Melalui pendidikan keterampilan dan keahlian, program ini diarahkan untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu, sehingga peserta dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan atau berwirausaha secara mandiri," tutur Sigit.

Program Pendidikan Vokasi UI menjalankan kurikulum 321 yang dicanangkan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bersama pada semester 4 dan 5 merupakan bentuk kerja sama nyata antara perguruan tinggi dengan industri.

Adapun program vokasi, yakni Akuntansi, Pariwisata, Komunikasi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Perumasakitan, Okupasio Terapi, Fisioterapi, Administrasi Perkantoran dan Sekretaris, Perpajakan, Administrasi Keuangan dan Perbankan, Administrasi Asuransi dan Aktuaria.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak