Bantu Mahasiswa Rantau Nyoblos saat Pemilu, UGM Sediakan 9 TPS Khusus

Jum'at, 09 Februari 2024 - 11:14 WIB
loading...
Bantu Mahasiswa Rantau Nyoblos saat Pemilu, UGM Sediakan 9 TPS Khusus
UGM menyediakan 9 lokasi TPS khusus di lima lokasi untuk memfasilitasi mahasiswa rantau. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) menyediakan sembilan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di lima lokasi untuk memfasilitasi mahasiswa yang tidak bisa nyoblos di daerah asalnya.

Lokasi sembilan TPS Khusus ini berada di:


1. Asrama Ratnaningsih Kinanti 1 yang merupakan TPS 901 dan 902 dengan jumlah pemilih 589
2. Asrama Ratnaningsih Kinanti 2 & 3 yang merupakan TPS 903 dan TPS 904 dengan jumlah pemilih 584
3. Asrama Ratnaningsih Sendowo yang merupakan TPS 922 dan TPS 923 dengan jumlah pemilih 509
4. Asrama Darmaputera Santren yang merupakan TPS 905 dan TPS 906 dengan jumlah pemilih 590
5. Asrama Darmaputera Karanggayam dengan jumlah pemilih 280.

Baca juga: Guru Besar Psikologi UGM Sebut Ancaman Krisis Kepemimpinan Berpotensi Picu Revolusi

Sembilan lokasi TPS ini tidak hanya untuk mahasiswa UGM saja namun juga diperuntukan bagi mahasiswa dan mahasiswi dari 12 perguruan tinggi lain di DIY yang tergabung dalam TPS Khusus ini.

Seperti Poltekesyo, STIKes Panti Rapih, STPMD Yogyakarta, STIM YKPN, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, UII, UPN Veteran Yogyakarta dan lain-lain.

“Total di TPS Khusus ini ada 2.611 pemilih yang nanti akan memilih di 9 TPS yang berlokasi di asrama-asrama mahasiswa,” kata Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan UGM Sekretaris Hempri Suyatna, dikutip dari laman UGM, Jumat (9/2/2024).

Untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu di TPS khusus ini menurut Hempri juga sudah dibentuk KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang berjumlah 63 dan semuanya adalah mahasiswa. Sementara untuk linmas masing-masing TPS akan ditempatkan 2 orang hasil kerja sama dengan Kelurahan Catur Tunggal.

Terkait kesiapan ini juga sudah dibentuk Tim Pengawas independen yang akan ditempatkan di masing-masing TPS Khusus. Jumlah Pengawas Independen yang akan diterjunkan sejumlah 36 mahasiswa dan setiap TPS Khusus ada 4 pengawas.

Baca juga: Petisi Bulaksumur Guru-guru Besar UGM Beri Peringatan untuk Jokowi

Menurut Hepri jumlah pengawas khusus ini merupakan hasil seleksi dari pendaftar sebanyak 273 mahasiswa. Sebanyak 273 pendaftar lolos administrasi sebanyak 235 mahasiswa dan hasil seleksi akhir yang diterima 36 mahasiswa.

“Antusias mahasiswa menjadi pengawas independen yang dibentuk oleh UGM memang luar biasa. Mereka memiliki motivasi tinggi untuk menjaga demokrasi agar berjalan dengan baik, dan sebelum terjun ke lapangan mereka juga telah mendapatkan arahan dan pembekalan dari Bawaslu DIY,” terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)