Tarif JORR Disesuaikan, Lebih Baik Pakai Kendaraan Umum

Senin, 02 Juli 2018 - 21:07 WIB
Tarif JORR Disesuaikan, Lebih Baik Pakai Kendaraan Umum
Tarif JORR Disesuaikan, Lebih Baik Pakai Kendaraan Umum
A A A
JAKARTA - Tarif tol JORR memang akan mengalami penyesuaian menjadi Rp15.000 untuk golongan I. Namun untuk yang keberatan dengan kenaikan itu, disarankan lebih baik memakai kendaraan umum untuk mobilitas sehari-hari.

Pengamat Perkotaan Yayat Supriatna mengatakan, naiknya tarif JORR menekan ongkos operasional pengendara dengan pendapatan pas-pasan.

"Kalau masih (pendapatan) di bawah mending naik angkutan umum. Secara rasional ini yang subsidi kelas menengah atas, yang protes yang mapan," ujarnya di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Menurut Yayat, pada dasarnya tol JORR diperuntukkan bagi pengendara dengan jarak tempuh jauh, sehingga tarif yang disesuaikan bisa jadi lebih murah ketimbang hanya jarak dekat.

"Tol di Jabodetabek enggak didesain untuk perjalanan jarak dekat, tapi didesain untuk perjalanan jarak jauh," katanya.

Sehingga, Yayat menegaskan, masyarakat dengan pendapatan pas-pasan di bawah Rp15 juta per bulan, enggak perlu masuk tol karena membebani biaya operasional.

"Kalau masuk tol pendapatan jangan pas-pasan, yang dirugikan pendapatan Rp10 juta hingga Rp15 juta. Mereka mampu bayar tol kalau gajinya Rp15 juta hingga Rp20 juta," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6454 seconds (0.1#10.140)