alexametrics

Kemenekeu Targetkan Dividen BUMN Sebesar Rp210 Triliun di 2018

loading...
Kemenekeu Targetkan Dividen BUMN Sebesar Rp210 Triliun di 2018
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menargetkan dividen perusahaan pelat merah mencapai Rp210 triliun pada 2018. Target ini naik Rp5 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara mengatakan, pada 2017 setoran pajak dan dividen BUMN kepada negara mencapai Rp205 triliun. Atau hanya naik tipis sebesar Rp203 triliun dibandingkan tahun 2016.

"Dalam pembayaran pajak kepada pemerintah pada 2017 ada sekitar Rp205 Triliun. Tahun ini diperkirakan jadi Rp210 triliun. Ini dari Ditjen Pajak harus terus memperbaiki, kita harus bersama-sama melakukannya," ujar Suahasil di Ruang Rapat Badan Anggaran DPR RI, Jakarta, Senin (2/7/2018).



Suahasil mengatakan dari total 115 BUMN hanya ada 14 BUMN yang menyumbangkan dividen. Kendati begitu, 14 BUMN yang menyetor berkontribusi terhadap 80% dividen. Sehingga sejauh ini, dividen hanya fokus pada BUMN yang besar-besar saja seperti BUMN energi dan BUMN perbankan.

"Dividen berasal dari 14 BUMN terutama energi dan perbankan, itu yang harus kita genjot," tuturnya.

Untuk tahun ini, dividen yang disetor oleh perusahaan pelat merah senilai Rp44,7 triliun, dimana Rp22,8 triliun sudah dibagikan kepada pemegang saham. Diperkirakan kinerja keuangan BUMN tahun ini bisa lebih baik dengan pertumbuhan pendapatan 3,1%, laba tumbuh 3,5% dan ekuitas tumbuh 2,1%.

"Hal ini tentunya berdasarkan pada perhitungan Kementerian BUMN, persepsi investor, dan dikombinasi dengan pemerintah yang melakukan penugasan sebagai agen pembangunan," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak