8 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan PT PLN, Berikut Daftarnya

Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:45 WIB
loading...
8 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan PT PLN, Berikut Daftarnya
Salah satu jurusan yang lulusannya banyak dibutuhkan PT PLN adalah Teknik Elektro yakni jurusan yang mempelajari ilmu tentang listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 8 jurusan kuliah yang lulusannya paling dibutuhkan PT PLN . Kamu berniat berkarier di PT Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa dikenal dengan PT PLN?

PLN merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang kelistrikan. Sudah menjadi rahasia umum bekerja di PLN sangat didamkan banyak orang karena gajinya yang disebut sangat memadai. Artikel kali ini secara khusus membahas 8 jurusan kuliah yang lulusannya paling dibutuhkan PT PLN, simak ya!

8 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan PT PLN


1. Teknik Elektro

Jurusan kuliah pertama yang lulusannya paling banyak dibutuhkan PT PLN yaitu jurusan Teknik Elektro. Mmerupakan jurusan kuliah yang mempelajari ilmu tentang listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Teknik elektro juga dapat mengembangkan kompetensi yang berorientasi pada problem solving. Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan hampir di seluruh industri untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik.

Di PLN nantinya lulusan yang berasal dari jurusan teknik elektro akan menjadi bagian dari divisi Enjiniring Distribusi, Enjiniring Transmisi dan Gardu Induk.

2. Teknik Telekomunikasi


Jurusan kuliah kedua yang lulusannya paling banyak dibutuhkan PT PLN yaitu Teknik Telekomunikasi. Merupakan jurusan yang mempelajari mengenai pemasangan kabel dan komunikasi jaringan sinyal radio.

Selain itu, para mahasiswa juga akan mempelajari tentang perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi seperti sistem komunikasi seluler dan teknik digital.


3. Teknik Industri

Jurusan kuliah selanjutnya yang lulusannya sangat dibutuhkan PT PLN yaitu Teknik Industri. Ini merupakan jurusan yang fokus pada perancangan sistem terintegrasi dan sistem rantai suplai melalui optimasi berbagai faktor produksi dengan keahlian ilmu eksakta maupun ilmu sosial.

Tujuannya untuk merancang, mengevaluasi dan mendapatkan proses produksi yang efektif dan efisien di industri manufaktur maupun jasa. Lulusan prodi ini memiliki pilihan pekerjaan yang luas karena bisa bekerja di sektor manufaktur dan jasa.

4. Teknik Sipil


Salah satu jurusan kuliah yang lulusannya paling banyak dibutuhkan PLN yaitu Teknik Sipil. Lulusan Teknik Sipil memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam bidang rekayasa, pembangunan, pengoperasian, supervisi dan pemeliharaan infrastruktur yang berkaitan dengan ketenagalistrikan atau infrastruktur lainnya. Setelah lulus dari jurusan ini, bisa bekerja di perusahaan konstruksi pengembang, instansi pemerintah dan bisa bergabung di PLN.

5. Teknik Mesin


Lulusan jurusan kuliah Teknik Mesin menjadi salah satu yang paling banyak dibutuhkan PLN. Bagi kalian yang ingin bekerja di PLN, maka mengambil jurusan ini adalah hal tepat.

Lulusan jurusan ini akan ditempatkan pada bagian pengolahan mesin. Hal ini karena setiap pembangkit listrik membutuhkan keahlian engineer teknik mesin untuk menjaga kualita PLTA/PLTU.

6. Administrasi


Salah satu jurusan kuliah yang lulusannya paling banyak dicari PLN yaitu Administrasi. Merupakan jurusan yang mempelajari semua aspek yang berhubungan dengan pengawasan operasi bisnis serta bidang terkait yang mencakup akuntansi, keuangan, manajemen proyek dan pemasaran.

Lulusan jurusan ini nantinya bisa melamar pada profesi pemasaran dan pelayanan pelanggan serta manajemen SDM dan Organisasi.

7. Ekonomi


Ekonomi menjadi salah satu jurusan yang lulusannya paling banyak dibutuhkan PLN. Merupakan jurusan yang bisa bekerja di mana saja, hal ini karena setiap perusahaan pasti membutuhkan seseorang yang ahli dan mampu mengatur keuangan.
Tak hanya bisa bekerja di bank, tapi bagi kalian yang mengambil jurusan ini bisa juga membangun karier di PT PLN.

8. Informatika


Jurusan kuliah terakhir yang lulusannya sangat dibutuhkan PT PLN yaitu Informatika. Lulusan jurusan ini bisa bergabung dan bekerja di PT PLN. Hal ini karena penggunaan software dan jaringan juga dibutuhkan, seperti pengolahan data PLN yang nantinya akan diunggah di situs resmi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0722 seconds (0.1#10.140)