alexametrics

Wakil Direktur Utama FWD Life Rudi Kamdani

Pacu Tim untuk Naik ke Level Tinggi

loading...
Pacu Tim untuk Naik ke Level Tinggi
Pacu Tim untuk Naik ke Level Tinggi. (Koran SINDO. Yulianto).
A+ A-
JAKARTA - Teknologi digital berperan penting membantu masyarakat melakukan beragam aktivitas dengan lebih efektif, efisien, dan mudah. PT FWD Life Indonesia berupaya menjawab kebutuhan masyarakat dan nasabahnya dengan memperkuat layanan dan produk berbasis digital.

Sejalan dengan digitalisasi, inovasi juga menjadi kunci bagi perusahaan dalam merebut hati pelanggan atau nasabah. FWD Life selaku perusahaan asuransi jiwa berinovasi dengan melahirkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Salah satu produk terbarunya Asuransi Bebas Tawakkal hadir untuk membantu perencanaan keuangan bagi masyarakat muslim yang ingin berhaji atau umrah. Untuk melahirkan produk-produk kreatif dan inovatif, Wakil Direktur Utama FWD Life Rudi Kamdani menyadari pentingnya kerja sama dan mencari solusi bersama timnya.

Pria yang sudah lebih dari dua dekade berkecimpung di industri asuransi ini, juga mendorong karyawannya agar berani mengutarakan pendapat atau ide-idenya. Untuk mengetahui lebih jauh, berikut wawancara KORAN SINDO dengan Rudi Kamdani di Jakarta baru-baru ini.



Bagaimana pandangan Anda mengenai perkembangan asuransi saat ini?
Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan asuransi turun-naik. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) juga menyatakan, total pendapatan premi pada kuartal I/2018 tercatat sebesar Rp52,49 triliun atau tumbuh 23,3% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebesar Rp42,58 triliun. Tapi saya lihat, di Indonesia walaupun memiliki pasar yang besar namun tantangan juga besar.

Hal ini terlihat dari penetrasi asuransi yang saat ini masih di angka 2,9%. Selama saya di dunia asuransi sekitar 22 tahun, meraih angka penetrasi sebesar 2,9% itu membutuhkan waktu lama. Jika dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan lainnya, angka tersebut terbilang relatif kecil. Meski demikian, pasar di Indonesia masih menggiurkan dengan total populasi sekitar 260 juta.

Dari jumlah tersebut, sekitar 11% yang menggunakan asuransi. Artinya, harus ada cara bagaimana penetrasi ini bisa ditingkatkan serta harus diiringi dengan inklusi dan edukasi akan asuransi. FWD Life dari awal didirikan memiliki visi mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. Kami di sini selalu menggunakan digital, menjual dan melengkapi, serta agennya juga dengan digital. Inovasi teknologi digital akan terlahir mendukung transformasi bisnis asuransi untuk seluruh proses bisnis mulai dari penjualan sampai dengan aspek underwriting,manajemen risiko, serta klaim sehingga dapat menciptakan pengalaman berasuransi lebih mudah, cepat, dan nyaman.

Kalau kita amati, masyarakat Indonesia zaman now memiliki lebih dari satu smartphone dan dari situlah sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk berasuransi. Kalau masyarakat sudah teredukasi dan diberikan kemudahan dalam mengakses asuransi, maka masyarakat akan memilih.

Lalu bagaimana strategi menghadapi persaingan dunia asuransi yang kian digital?
Inovatif dan kreatif. Menurut saya, happy-happy saja, yang penting perusahaan itu mempunyai ciri khas. Kami harus memberikan customer experience berbeda. Yang penting adalah FWD Life punya visi mengubah sudut pandang masyarakat tentang asuransi. Salah satu inovasi sudah kami luncurkan adalah FWD MAX sebagai program customer engagement yang hadir seperti seorang sahabat, untuk membantu nasabah menikmati hidup tanpa batas dengan memberikan support, information, dan protection.

Manfaat yang diperoleh dari FWD MAX di antaranya berbagai penawaran menarik di lebih dari 70 merchants ternama yang tersebar di lebih dari 500 outlets untuk mendukung kebutuhan lifestyle dan passion masyarakat. Kemudian informasi yang sesuai dengan kebutuhan lifestyle dan passion masyarakat, serta perlindungan asuransi untuk mendukung aktivitas apa pun dengan cara mudah dan cepat secara online.

Dengan produk ini nasabah bisa mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan beragam voucher menarik. Kami mau di FWD Life bukan hanya menawarkan produk dan klaim, tetapi terus berkomunikasi dengan nasabahnya. Dengan digital ini, kami dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif.

Bicara mengenai produk, apa latar belakang FWD Life untuk meluncurkan Asuransi Bebas Tawakkal?
Kami melihat fenomena saat ini bahwa berhaji menunggu waktu lama, belum lagi uang muka atau down payment (DP) mahal. Jadi, kami berpikir bagaimana caranya mengeluarkan produk yang bisa membantu perencanaan keuangan mereka. Dengan premi mulai dari Rp1 juta per bulan, diperkirakan dalam waktu sekitar 10 tahun bisa berangkat haji.
halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak