Menjelang Hari Pencoblosan Pemilu 2024, Pertamina Antisipasi Kenaikan Konsumsi BBM

Minggu, 11 Februari 2024 - 18:09 WIB
loading...
Menjelang Hari Pencoblosan Pemilu 2024, Pertamina Antisipasi Kenaikan Konsumsi BBM
PT Pertamina (Persero) memperkirakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mengalami kenaikan menjelang hari pencoblosan pemilihan umum (pemilu) 2024 yakni pada 14 Februari, mendarang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memperkirakankonsumsi bahan bakar minyak ( BBM ) mengalami kenaikan menjelang hari pencoblosan pemilihan umum (pemilu) 2024 yakni pada 14 Februari, mendarang. Kenaikan konsumsi BBM ini lantaran adanya pergerakan masa.



Misalnya, konsumsi BBM di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan naik 4% untuk gasoline. Sedangkan, permintaan produk gasoil naik 3%.

"Perantau yang akan kembali ke kampung halaman untuk menggunakan hak pilihnya diprediksi akan memberikan kontribusi kenaikan konsumsi BBM 4 persen untuk produk gasoline dan 3 persen untuk produk gasoil dari rata rata konsumsi harian normal," ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, Minggu (11/2/2024).



Dia mencatat, rata-rata harian konsumsi normal di wilayah Jawa Tengah dan DIY adalah 12.789 Kiloliter/hari untuk BBM gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) dan 19.455 Kiloliter/hari untuk BBM gasoil (Biosolar dan Dex Series).

Brasto juga menjelaskan Pertamina, terus memastikan dan melakukan monitoring secara rutin agar pasokan serta distribusi BBM dan LPG dalam kondisi aman dan tercukupi.

“Hari Libur saat Pemilu, tentunya akan memberikan peningkatan konsumsi LPG dengan estimasi naik 1,1 persen kenaikan konsumsi LPG di wilayah Jateng dan DIY dari 4.667 metric ton/hari naik menjadi 4.718 metric ton/hari ," paparnya.

Beberapa wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan signifikan. Karena itu perseroan juga melakukan antisipasi dengan menyiagakan build up stock selama. Pertamina Patra Niaga telah membentuk Satuan Tugas atau Satgas Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran Penyaluran BBM dan LPG masa pemilu 2024 yang dimulai sejak 5-18 Februari 2024.

Berdasarkan update 10 Februari 2024, ketahanan stok BBM dan LPG dapat disampaikan aman. Di terminal atau depot Jawa Tengah dan DIY, produk gasoline memiliki ketahanan stock di atas 20 hari, produk gasoil di atas 6 hari, dan LPG di atas 5 hari.

Ketahanan stok tersebut masih belum termasuk ketahanan stok di kapal, kilang, dan pipa sehingga apabila dijumlah tentunya jauh di atas angka ketahanan stok di terminal atau depot. Kondisi stok saat ini akan dijalankan atau disuplai secara berkesinambungan.

"Konsumen tidak perlu khawatir, Pertamina selalu senantiasa memastikan distribusi energi berjalan dengan lancar dan aman. Tetap gunakan BBM yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi kendaraannya," jelasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3818 seconds (0.1#10.140)