Beri Bantuan, Mentan Kunjungi Lahan Terendam Banjir di Sulsel

Senin, 09 Juli 2018 - 11:15 WIB
Beri Bantuan, Mentan Kunjungi Lahan Terendam Banjir di Sulsel
Beri Bantuan, Mentan Kunjungi Lahan Terendam Banjir di Sulsel
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengunjungi lahan pertanian yang terendam dan terancam puso atau gagal panen di Desa Maccero, Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan Fitriani mengatakan, dampak puso akibat luapan Air hujan yang terus menerus mengancam gagal panen di Belawa Kabupaten Wajo.

"Lahan yang ditinjau mentan sejak pekan lalu mencapai 7.591 hektare untuk delapan kecamatan di Kab Wajo. Luapan air hujan itu juga ancamannya dari Danau Tempe," ujarnya, Senin (9/7/2018).

Dia juga menyebutkan lahan yang berdampak akibat luapan air hujan dari Danau Tempe mengancam 3.785 ha untuk wilayah Kecamatan Belawa atau paking besar, dimana sebagian besar lahan milik petani sudah ada yang berbentuk padi.

"Sementara Hujan lebat memang ada setiap tahun namun tidak separah ini. Tahun lalu II ada tiga ratusan hektare yang berdampak. Makanya kita antisipasi juga," jelasnya.

Sekitar 3.000 ha lahan yang terancam gagal panen tersebut bisa menghasilkan 6,2 ton beras per hektarnya. Adapun, jika tak diantisipasi kerugian petani diprediksi mencapai Rp190 miliar.

Pada kesempatan ini, selain melakukan peninjauan langsung, Menteri Amran juga akan memberikan bantuan bibit dan traktor di Desa Maccero kepada kelompok tani. Dalam kunjungan ini Menteri Amran didampingi Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Risyafudin Nursin, Bupati Wajo Burhanuddin Unru serta Pejabat daerah setempat.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4256 seconds (0.1#10.140)