alexametrics

Penguatan Rupiah Diprediksi Hanya Sementara

loading...
Penguatan Rupiah Diprediksi Hanya Sementara
Potensi berlanjutnya penguatan rupiah akan diuji pada perdagangan hari ini. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Pergerakan rupiah masih harus kembali diuji ketahanannya untuk dapat berbalik arah melanjutkan tren kenaikannya. Masih rentannya rupiah dinilai menghalangi potensi kenaikan lanjutan.

Pengamat Pasar Modal Reza Priyambada mengatakan, dengan ini perlu dicermati berbagai sentimen, terutama pergerakan sejumlah mata uang global terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Tetap mencermati dan mewaspadai jika kenaikan ini hanya bersifat sementara," ujarnya di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Diperkirakan Reza, rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.363/USD-Rp14.343/USD. Sementara, pergerakan GBP yang melemah seiring dengan kondisi internal pemerintahan Inggris yang terganggu dengan telah keluarnya dua pejabat penting terkait dengan Brexit dimanfaatkan USD untuk menguat.

Imbasnya rupiah ikut terkena pelemahan dimana laju rupiah gagal melanjutkan kenaikannya. Adanya himbauan dari salah satu lembaga peneliti terkait pelemahan rupiah dimana dikatakan perlunya upaya peningkatan ekspor.

"Tujuannya untuk menstabilkan mata uang rupiah hingga langkah pemerintah yang sedang mengidentifikasi sejumlah sektor yang terkena dampak terjadinya perang dagang AS-China tampaknya belum cukup kuat mempertahankan rupiah di zona hijaunya," pungkasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak