alexametrics

Harga Pakan Naik, Harga Daging Ayam Tembus Rp42.000/Kg

loading...
Harga Pakan Naik, Harga Daging Ayam Tembus Rp42.000/Kg
Harga daging ayam di Kabupaten Kuningan naik menjadi Rp42.000 per kg. Foto/iNews TV/Toiskandar
A+ A-
KUNINGAN - Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kuningan, Jawa Barat, mengalami kenaikan signifikan. Diantaranya di Pasar Kepuh Kuningan, dimana harga daging ayam potong yang biasanya di jual Rp34.000 per kilogram (kg), kini naik Rp8.000 menjadi Rp42.000 per kg.

Uun, salah seorang pedagang mengatakan, kenaikan harga daging ayam potong sudah terjadi sejak tiga hari terakhir. "Harga naik karena pasokan daging ayam dari distributor berkurang. Setelah Lebaran, mereka mengalami kekurangan di peternakan. Jadi belum panen," ujarnya kepada MNC Media, Sabtu (13/7/2018).

Kenaikan harga daging ayam ini membuat pembeli berkurang. Akibatnya, para pedagang mengalami penurunan penjualan hingga 50%. Dalam sehari, Uun mengaku bisa menjual 60 kilogram daging ayam. Namun akibat kenaikan harga daging ayam, ia hanya bisa menjual 30 kilogram daging ayam per hari.

Sementara itu, petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan
Arisman mengatakan, kenaikan harga daging ayam dipicu oleh kenaikan harga pakan ternak. "Naiknya harga daging ayam karena pasokan berkurang dan juga karena kenaikan harga pakan," terangnya.

Ia pun mengatakan pemerintah daerah setempat akan turun tangan untuk mengatasi kenaikan harga daging ayam ini, agar normal kembali di pasaran.
(ven)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak