6 Alasan DPR AS Memakzulkan Menteri Keamanan Dalam Negeri

Kamis, 15 Februari 2024 - 12:12 WIB
loading...
6 Alasan DPR AS Memakzulkan Menteri Keamanan Dalam Negeri
Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Alejandro Mayorkas dimakzulkan DPR. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) dengan tipis memilih untuk memakzulkan Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas. Itu terjadi setelah politisi Partai Republik menyalahkannya atas kedatangan migran dan pencari suaka yang belum pernah terjadi sebelumnya di perbatasan AS-Meksiko.

Mayorkas dituduh “dengan sengaja menolak” penegakan hukum perbatasan dan “pelanggaran kepercayaan publik”. Ini adalah pertama kalinya dalam 150 tahun seorang sekretaris kabinet dimakzulkan. Tuduhan terhadapnya kemungkinan besar akan ditolak oleh Senat yang mayoritas anggotanya Partai Demokrat.

6 Alasan DPR AS Memakzulkan Menteri Keamanan Dalam Negeri

1. Adanya Perbedaan Pendekatan dalam Keamanan Perbatasan antara Demokrat dan Republik

6 Alasan DPR AS Memakzulkan Menteri Keamanan Dalam Negeri

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, pemakzulan ini merupakan puncak dari serangan Partai Republik selama berbulan-bulan terhadap Mayorkas dan Partai Demokrat atas penanganan keamanan perbatasan mereka. Lebih dari enam juta pengungsi dan migran telah tiba di AS sejak tahun 2021, menjadikan imigrasi sebagai isu utama dalam pemilihan presiden mendatang yang dijadwalkan pada bulan November.

Partai Republik menuduh pemerintahan Biden mengabaikan kebijakan keamanan perbatasan Trump yang mereka anggap menghalangi migran. Mereka juga menunjukkan bahwa kebijakan pemerintahan Biden telah menarik minat para migran.


2. Puncak Perselisihan antara Presiden dan Gubernur Texas

6 Alasan DPR AS Memakzulkan Menteri Keamanan Dalam Negeri

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Pemerintahan Biden telah berselisih dengan Gubernur Gregg Abbott dari Texas, sebuah negara bagian perbatasan, mengenai masalah imigrasi. Abbott, seorang Republikan, telah menjadi kritikus vokal terhadap cara Biden menangani masalah imigrasi.

Pada tanggal 28 Januari, anggota DPR dari Partai Republik mengeluarkan dua pasal, menuduh Mayorkas “memimpin pengabaian secara sembrono terhadap keamanan perbatasan dan penegakan imigrasi” dan “melepaskan ratusan ribu orang asing ilegal ke pedalaman Amerika Serikat”, di antara tuduhan lainnya. .

Menteri tersebut dinyatakan bersalah atas “kejahatan tingkat tinggi dan pelanggaran ringan” yang merupakan “penolakan yang disengaja dan sistemik untuk mematuhi hukum” tentang imigrasi dan “pelanggaran kepercayaan publik.” Mereka berpendapat bahwa memakzulkan Mayorkas adalah satu-satunya pilihan Kongres.

Upaya DPR yang dikuasai Partai Republik untuk memakzulkan Mayorkas pada 6 Februari gagal. Pemungutan suara pada hari Selasa dimenangkan dengan tipis oleh 214 berbanding 213.

3. Dinilai Melakukan Pelanggaran

6 Alasan DPR AS Memakzulkan Menteri Keamanan Dalam Negeri

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, pemakzulan adalah proses di mana seorang pejabat pemerintah didakwa melakukan pelanggaran oleh badan legislatif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)