AS Ucapkan Selamat atas Pemilu Indonesia, tapi Tak Sebut Pemenang Pilpres

Jum'at, 16 Februari 2024 - 08:09 WIB
loading...
AS Ucapkan Selamat atas Pemilu Indonesia, tapi Tak Sebut Pemenang Pilpres
Amerika Serikat ucapkan selamat atas pemilu Indonesia yang berjalan sukses, namun tak menyebut pemenang pemilihan presiden. Foto/SINDOnews.com
A A A
JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia yang telah mengikuti pemilihan umum (pemilu) pada Rabu (14/2/2024) lalu. Namun, dalam ucapannya, Washington tidak menyebut pemenang pemilihan presiden (pilpres).

Seperti diketahui, para pemilih telah memilih pasangan presiden dan wakil presiden, para anggota parlemen tingkat pusat dan daerah, serta para anggota dewan perwakilan daerah.

Tiga pasangan dalam pilpres adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (pasangan nomor urut satu), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (pasangan nomor urut dua), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (pasangan nomor urut tiga).

Menurut hasil hitung cepat atau quick count dari sejumlah lembaga survei, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara lebih dari 50 persen.



Kendati demikian, hasil resmi dan sah adalah hasil penghitungan suara manual atau real count oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang masih berlangsung.

Berikut ucapan selamat dari Kementerian Luar Negeri AS yang disampaikan juru bicaranya, Matthew Miller, dalam sebuah pernyataan.

Pemilu di Indonesia

Kami mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia atas besarnya partisipasi mereka dalam pemilu hari ini. Pemungutan suara ini merupakan bukti ketangguhan dan kuatnya komitmen masyarakat Indonesia terhadap proses demokrasi dan lembaga pemilu. Kami menantikan pengumuman resmi hasil pemilu dari Komisi Pemilihan Umum.

Tahun ini, saat kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia, kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih dan pemerintah Indonesia berikutnya, serta badan legislatif, mengenai prioritas bersama yang bermanfaat bagi rakyat kedua negara, termasuk mengatasi perubahan iklim, memastikan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, serta menjaga stabilitas internasional.

Amerika Serikat dan Indonesia adalah mitra dekat, berpedoman pada prinsip-prinsip yang tertuang dalam Kemitraan Strategis Komprehensif kami. Bersama dengan pemerintahan baru Indonesia, kami akan berupaya mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kami dan mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)