Garuda Indonesia Layani Pengangkutan Organ Tubuh Manusia untuk Transplantasi

Jum'at, 16 Februari 2024 - 09:31 WIB
loading...
Garuda Indonesia Layani Pengangkutan Organ Tubuh Manusia untuk Transplantasi
Garuda Indonesia kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan buka layanan pengangkutan organ tubuh manusia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk ( GIAA ) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan untuk bekerja sama terkait pengangkutan Live Human Organ (LHO) atau organ tubuh manusia pada 7 Februari 2024 lalu.

Melalui jalinan kerja sama ini, GIAA mendukung layanan kesehatan RSUP Persahabatan sebagai salah satu rumah sakit pusat rujukan penyakit pernapasan berskala nasional, khususnya terkait dengan prosedur transplantasi dengan memfasilitasi pengiriman LHO ke berbagai destinasi yang dilayani oleh perseroan.

Direktur Utama GIAA, Irfan Setiaputra menyatakan bahwa langkah kolaborasi perseroan bersama RSUP Persahabatan ini merupakan salah satu wujud komitmen berkelanjutan untuk mendukung upaya optimalisasi layanan masyarakat khususnya layanan kesehatan melalui layanan penerbangan yang aman, nyaman dan terpercaya.

"Kami sebagai maskapai yang mengedepankan layanan premium tentunya akan menjadi mitra yang saling menghadirkan nilai tambah bagi RSUP Persahabatan, khususnya dalam aspek ketepatan waktu dalam mengirimkan LHO yang dibutuhkan oleh rumah sakit penerima," kata Irfan dalam keterangan resminya, Kamis (15/2/2024).



Lebih lanjut, penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak menandai komitmen GIAA dan RSUP Persahabatan, khususnya dalam meningkatkan perkembangan wisata kesehatan di Indonesia yang terus mencatatkan tren yang positif.

Hal tersebut dibuktikan oleh studi yang dilaksanakan oleh Global SPA & Welness Summit (GSS) dan Stanford Research Institute (SRI) pada tahun 2011 yang memproyeksikan sekitar 17,6 juta wisatawan telah melakukan perjalanan untuk kesehatan.

Seiring dengan rencana pemerintah untuk mengembangkan medical tourism di Indonesia, lanjut Irfan, kesepakatan bersama RSUP Persahabatan menjadi sebuah milestone bagi perseroan sebagai penyedia infrastruktur konektivitas udara yang andal dan terpercaya untuk turut mendukung pengembangan transportasi medis di Indonesia.

"Kerja sama dengan RSUP Persahabatan ini merepresentasikan serta menjadi kontribusi nyata kedua instansi dalam upaya mendukung kemajuan wisata kesehatan di Indonesia," tutur Irfan.



Sementara itu, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Agus Dwi Susanto menyambut baik kerjasama dengan GIAA. Agus mengatakan, transplantasi merupakan prosedur yang sangat rumit, maka sistem transportasi yang reliable untuk membawa atau mengirimkan live human organ dalam tingkat akurasi waktu yang tinggi menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terelakkan, terlebih ketika rumah sakit asal donor dan rumah sakit resipien berada di dua lokasi yang berbeda.

"Didukung dengan layanan dan jangkauan penerbangan Garuda Indonesia, kiranya dapat mengoptimalkan kebutuhan pengiriman LHO secara cepat dan dengan demikian, dapat membantu lebih banyak pasien yang membutuhkan di berbagai wilayah di Indonesia," ujar Agus.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2447 seconds (0.1#10.140)