5 Ciri Wiper Mobil Rusak, Wajib Segera Diganti

Jum'at, 16 Februari 2024 - 15:33 WIB
loading...
5 Ciri Wiper Mobil Rusak, Wajib Segera Diganti
Wiper yang rusak bakal mengganggu pandangan pengemudi. (Foto: Wuling)
A A A
JAKARTA - Wiper termasuk bagian mobil yang terlihat sederhana namun turut menentukan kelancaran berkendara. Komponen satu ini pun sifatnya gampang terkikis dan kerap diganti dalam jangka waktu tertentu.

Melansir laman Auto200, Jumat (16/2/2024), wiper yang rusak bakal mengganggu pandangan pengemudi sehingga dalam jangka waktu tertentu harus segera diganti. Penggantian bagian wiper mobil terletak di bagian karet karena bersentuhan langsung dengan kaca untuk membuang air hujan atau kotoran.

Berikut 5 ciri wiper mobil yang rusak dan perlu diganti:

1. Karet mulai retak dan keras


Karet wiper paling sering bersentuhan langsung dengan kaca mobil sehingga kondisinya cepat aus. Jika tampilan karet terlihat mulai retak, robek, atau keras dapat membuatnya tidak mampu menekan kaca secara sempurna. Akhirnya pembersihan kaca mobil saat sedang hujan menjadi tidak maksimal lagi dan sebaiknya diganti.


2. Mulai muncul bunyi berdecit


Jika mulai mendengar bunyi berdecit dari wiper mobil menandakan karetnya sudah terseret dan tertekan ke bagian kaca. Artinya, karet wiper tidak dapat menyentuh kaca secara sempurna. Mulailah berpikir untuk membeli wiper baru agar tidak mengganggu perjalanan.

3. Muncul goresan di kaca


Goresan yang timbul setelah penggunaan wiper menandakan ada bagian dari wiper mobil yang tidak bekerja secara sempurna. Pada akhirnya muncul goresan yang tetap ada walaupun sudah dibersihkan dengan cairan pembersih.

4. Rangka wiper bengkok


Rangka wiper yang sudah bengkok membuat gerakannya tidak optimal. Ada beberapa bagian dari permukaan kaca mobil yang tidak mampu dibersihkan oleh wiper. Kemungkinan bagian yang bengkok menyisakan area di kaca mobil yang tidak bisa dibersihkan sama sekali.


5. Perekat karet wiper rusak


Perekat karet yang rusak akan meninggalkan tanda di beberapa area yang tidak mampu dibersihkan lagi. Ketika karet sudah keras, maka saat wiper mobil dinyalakan gerakannya saat menyapu air bakal tersendat-sendat. Bahkan dapat membuat bilah wiper patah akibat terlalu sulit bergerak. Sapuan wiper tidak akan maksimal sehingga mengganggu pandangan dan membuat kaca mobil rusak kalau didiamkan.

Jika sudah mengetahu lima ciri karet wiper rusak tadi, pastikan mengecek kondisi bilah pemegangnya. Lantaran wiper mobil rusak membuat pandangan pengemudi berkurang ketika hujan turun sehingga berisiko memicu kecelakaan. Imbas lainnya, muncul baret di kaca yang sulit dihilangkan, bahkan karus ganti kaca mobil kalau tidak dapat diperbaiki.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)