alexametrics

Ini Alasan BI Pertahankan Suku Bunga

loading...
Ini Alasan BI Pertahankan Suku Bunga
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (tengah). Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan alias BI 7-day Reverse Repo Rate di angka 5,25% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan tambahan yang digelar hari ini, Kamis (19/7/2018).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, alasan mempertahankan suku bunga acuan agar tetap konsisten mempertahankan daya tarik pasar keuangan domestik di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi, sehingga dapat menjaga stabilitas nilai tukar.

"Bank Indonesia terus mewaspadai risiko ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi dan dinamika pertumbuhan ekonomi dunia yang tidak merata, dengan ekonomi AS yang diperkirakan tumbuh meningkat tinggi dengan inflasi yang semakin meningkat," ujar Perry di Jakarta, Rabu (19/7/2018).



Perry menjelaskan, arah kebijakan BI akan tetap hawkish dan fokus menjaga stabilitas ekonomi terkait nilai tukar rupiah, dengan langkah kenaikan sebelumnya sebesar 100 bps.

"Kenapa ini suku bunga acuan tetap di pertahankan? Kami pandang kenaikan yang selama ini sudah kita lakukan totalnya adalah 100 bps. Kami pandang suku bunga kebijakan kita sudah cukup kompetitif dalam memberikan ruang bagi masuknya aliran modal asing," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak