alexametrics

BI Akan Buat Aturan Baru untuk Tetapkan Suku Bunga

loading...
BI Akan Buat Aturan Baru untuk Tetapkan Suku Bunga
Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia tambahan bulanan pada Kamis (19/7/2018). Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) akan membuat aturan baru untuk menjaga fundamental ekonomi Indonesia, terutama agar membuat pasar keuangan di Indonesia bisa lebih menarik.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, BI dalam waktu dekat akan mengeluarkan instrumen baru bernama 'Indonia', yaitu benchmark di pasar uang overnight untuk menentukan suku bunga.

"Kami akan terbitkan di akhir bulan ini. Indonia ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik investor global," ujar Perry di Gedung BI, Jakarta, Kamis (19/7/2018).



Meski tidak merinci terkait instrumen ini, Perry menjelaskan bawah instrumen ini sesuai dengan yang sudah dilakukan oleh negara-negara lainnya.

"Kami masih melakukan pemantauan dan pengawasan sejumlah perkembangan. Insya Allah, akhir bulan ini akan diluncurkan (Indonia) dan sudah mengikuti best practice negara lain," jelasnya.

Selain itu, BI juga memiliki upaya lain untuk membuat pasar keuangan agar lebih menarik. Seperti mengurangi biaya lindung nilai dan proses yang cepat. Kemudian biaya call spread yang lebih murah dan mudah digunakan. BI juga akan melakukan sosialisasi ke perbankan dan dunia usaha.

"Yang ingin kami sampaikan ke perbankan dan dunia usaha, mari kita sama-sama membuat pasar keuangan kita lebih menarik dan bisa mendorong masuknya aliran modal asing khususnya portofolio," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak