Rupiah Akan Melemah, Suku Bunga Ditahan Belum Direspons Positif

Jum'at, 20 Juli 2018 - 09:13 WIB
Rupiah Akan Melemah, Suku Bunga Ditahan Belum Direspons Positif
Rupiah Akan Melemah, Suku Bunga Ditahan Belum Direspons Positif
A A A
JAKARTA - Adanya rilis Bank Indonesia (BI) yang mempertahankan level suku bunga acuan meski positif untuk kondisi makroekonomi dimana pelonggaran makroprudensial dapat meningkatkan intermediasi dan fleksibilitas manajemen likuiditas dan intermediasi perbankan bagi pertumbuhan ekonomi.

Pengamat Pasar Modal Reza Priyambada mengatakan, namun tampaknya ini tidak sepenuhnya direspon positif oleh rupiah yang lebih terpengaruh oleh imbas pergerakan USD. "Dengan kondisi USD yang masih bergerak positif maka akan disayangkan pergerakan rupiah yang masih berpeluang melemah," ujarnya di Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Dia menambahkan tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah. Lebih lanjut Reza menjelaskan, pergerakan rupiah masih melemah seiring imbas kenaikan USD yang masih merespon pidato Powell akan optimismenya terhadap pertumbuhan ekonomi AS yang stabil.

Meskipun di sisi lain Gubernur The Fed tidak menyampaikan secara detil kebijakan moneter The Fed ke depannya. "Dari dalam negeri, ditahannya level suku bunga Bank Indonesia di level 5,25% tampaknya tidak banyak membantu rupiah untuk bergerak menguat," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5910 seconds (0.1#10.140)