alexametrics

Tren Karier Masa Kini: Startup vs Korporasi

loading...
Tren Karier Masa Kini: Startup vs Korporasi
Tren Karier Masa Kini: Startup vs Korporasi. (Ilustrasi).
A+ A-
BEKERJA di mana saja pasti ada plus-minusnya, baik bekerja di perusahaan pemula (startup) atau korporasi besar.

Ini menjadi hal wajib yang perlu diketahui sebelum menemukan tempat kerja yang pas dan sesuai keinginan. Nah , sebelum bergabung atau mulai bekerja di perusahaan rintisan atau korporasi, sebaiknya kalian perhatikan beberapa hal berikut.

BUDAYA KERJA

Startup

Perusahaan startup dikenal karena memiliki jam kerja yang lebih longgar dan tidak mengikat karena terpenting di perusahaan ini adalah mendapatkan goal atau tujuan yang sudah ditarget sebelumnya. Nurlina Hardiyanti, karyawan WeCare.id, pun merasakan kefleksibelan waktu bekerja di kantornya. "Saya bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu ke kantor, dengan syarat target pekerjaan hari itu dapat diselesaikan," ujarnya.

Korporasi

Walaupun dianggap sebagai tempat kerja yang stastis, kaku, dan formal, korporasi mempunyai budaya dan etos kerja tinggi. Selain itu, bekerja di perusahaan yang sudah mapan memiliki aturan kerja yang jelas dan segala sesuatunya terjadwal dengan baik. Secara tidak langsung, kita menjadi terbiasa dengan aturan yang jelas, jadwal jam kantor, dan tertib.

BAJU KERJA

Startup

Ada beberapa perusahaan yang meminta karyawannya menggunakan seragam. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku untuk startup . Mereka diperbolehkan menggunakan pakaian bebas, tetapi sopan. Raka Adi, karyawan Roundbox Communication, membenarkan hal tersebut. "Kerja dengan pakaian sesukanya boleh aja , asal tetap etis," katanya.

Korporasi

Tidak selamanya memakai seragam itu membosankan. Ada keuntungan sendiri saat perusahaan mewajibkan karyawannya berseragam. Salah satunya, kita jadi tidak bingung dan pusing memiliki pakaian kerja setiap harinya. Selain itu, dengan berseragam, secara tidak langsung menanamkan kebanggaan karyawan terhadap perusahaannya.

FASILITAS

Startup

Penggunaan fasilitas yang diberikan masing-masing perusahaan bisa saja berbeda, terutama pada perusahaan startup yang memberikan fasilitas untuk kenyamanan karyawannya. Ruang Guru menyediakan makan siang dan akses WiFi di kantornya. Beda lagi dengan Roundbox Communication yang memberikan kenyamanan untuk karyawannya dengan fasilitas kolam renang, pingpong, dan ruang main game . "Fasilitas hiburan ini sebagai penyemangat kerja karyawan aja sih biar lebih fresh dan tidak malas kerja," tutur Raka.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak