Apa Perbedaan Surat Yasin dengan Yasin Fadhilah? Simak Penjelasan Lengkapnya

Senin, 19 Februari 2024 - 15:35 WIB
loading...
Apa Perbedaan Surat Yasin dengan Yasin Fadhilah? Simak Penjelasan Lengkapnya
Perbedaan utama antara surat Yasin dengan Yasin fadhilah terletak pada definisinya, Yasin Fadhilah adalah rangkaian doa di beberapa ayat dalam Surat Yasin. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Apa perbedaan surat Yasin dengan Yasin fadhilah ? Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh setiap muslim yang belum memahami atau mengetahui apa yang dinamakan Yasin fadhilah.

Persamaan antara keduanya sendiri terletak pada bacaan Yasin fadhilah yang diambil dari surat Yasin. Meskipun dalam bacaannya terdapat beberapa doa yang ditambahkan dan membuat keduanya memiliki perbedaan mencolok.

Perbedaan Surat Yasin dengan Yasin Fadhilah

Perbedaan utama antara surat Yasin dengan Yasin fadhilah terletak pada definisinya. Dimana Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al Quran yang terdiri dari 83 ayat, dan termasuk golongan surat Makkiyah.

Sedangkan Yasin fadhilah adalah rangkaian doa di beberapa ayat dalam Surat Yasin. Biasanya akan ada beberapa ayat di surat Yasin yang dibaca berulang-ulang dalam Yasin fadhilah.

Yasin Fadhilah merupakan suatu bacaan yang bisa ditemui dengan mudah di buku dan kitab wirid yang ada di pasaran.

Sejumlah ulama menganggap Yasin fadhilah ini merupakan bentuk bid'ah karena merupakan amalan yang tidak memiliki riwayat atau diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Terlebih, dalam Yasin fadhilah merupakan bacaan surat Yasin ang didalamnya ditambah dan dipadukan dengan beberapa doa-doa. Penambahan doa inilah yang dianggap bid'ah oleh sejumlah kalangan ulama karena menambah-nambahkan hal yang tidak ada sebelumnya.

Untuk menanggapi hal ini terdapat sebuah riwayat yang menyebutkan jika Rasulullah SAW pernah membaca doa di sela-sela bacaan Al Quran, sebagaimana disampaikan oleh Abu Hurairah:

عن أَبِي هَرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صلّى الله عليه وسلّم كَانَ إِذَا قَرَأَ أَلَيْسَ ذَلِكَ بِقَادِرٍ عَلَى أَن يُحْيِيَ الْمَوْتَى قَالَ بَلَى وَإِذَا قَرَأَ أَلَيْسَ اللهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِيْنَ قَالَ بَلَى (رواه الحاكم رقم ٢٨٨٣ وقال هذا حديث صحيحاإسناد ولم يخرجاه تعليق الذهبي قي التلخيص : صحيح. وكذا أبو داود والترمذى وابن السنى فى عمل يوم وليلة والبيهقى عن أبي هريرة


"Jika Rasulullah membaca akhir Surat Al Qiyamat (Ayat 40), Rasulullah menjawab: Balaa (Ya, Allah Maha Kuasa). Dan ketika beliau membaca akhir Surat At-Tiin, maka Rasulullah menjawab: Balaa, (dalam riwayat lain: Wa ana ‘ala dzalika min asy-syaahidiin, artinya: Ya, saya bersaksi)." (HR Al Hakim nomor 3882. Ia menilainya sahih dan disetujui Adz-Dzahabi. Hadits yang sama juga diriwayatkan Abu Dawud, Turmudzi, Ibnu Sunni, dan Al Baihaqi)

Itulah penjelasan untuk pertanyaan apa perbedaan surat Yasin dengan Yasin fadillah? Semoga dari jawaban ini dapat menambah wawasan umat muslim.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)