Trump Pesimistis Terhadap Pembicaraan Dagang dengan UE

Rabu, 25 Juli 2018 - 11:12 WIB
Trump Pesimistis Terhadap Pembicaraan Dagang dengan UE
Trump Pesimistis Terhadap Pembicaraan Dagang dengan UE
A A A
WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump bersikap pesimistis terhadap pembicaraan perdagangan yang akan digelar dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker hari ini.

Dalam cuitannya pada Selasa (24/7) malam, Trump menyebutkan bahwa AS maupun Uni Eropa (UE) harus melepaskan semua tarif, penghalang serta subsidi yang menghambat perdagangan antara keduanya.

"Dengan begitu baru bisa disebut pasar bebas dan perdagangan yang adil. Saya harap mereka (UE) melakukannya, kami siap, tapi (tampaknya) mereka tidak," ungkap Trump seperti dikutip Reuters, Rabu (25/7/2018).

Sebelumnya Trump menuduh UE melakukan praktik perdagangan yang tidak adil dan mengancam akan menaikkan tarif atas barang-barang yang diimpor AS dari Eropa.

Komisasris Perdagangan Eropa Cecilia Malmstrom yang mendampingi Juncker dalam kunjungannya ke AS pekan lalu mengatakan, said pihaknya telah menyiapkan daftar barang-barang produksi AS yang akan dikenai tarif jika Negeri Paman Sam itu jadi menerapkan tarif atas produk-produk yang diimpor dari Eropa.

Terlepas dari itu, Komisi Eropa menyatakan bahwa kedatangan Juncker ke Washington tidak disertai tawaran perdagangan secara spesifik. Hal itu diungkapkan juru bicara Komisi Eropa Margaritis Schinas dalam konferensi pers di Brussels.

Sementara itu, penasehat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow justru menyatakan bahwa dia berharap Juncker datang dengan membawa tawaran dagang yang signifikan.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7594 seconds (0.1#10.140)